Polisi Tuntut Partisipasi Warga Jadi Keamanan Lingkungan

KARAWANG, KarawangNews.com - Lomba Cipta Desa Aman ini bukan disebabkan desa-desa di Kabupaten Karawang ini tidak aman, Cipta Desa Aman ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungannya. Demikian kata Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi, saat meninjau lomba tersebut di Kecamatan Cikampek, Kota Baru dan Tirtamulya, Jumat (21/11/2014) malam. Kapolres didampingi Wakil Bupati dr. Cellica Nurrachadiana.

Kata Kapolres, menjaga keamanan lingkungan pada bukan hanya tugas polisi, tetapi menjadi kewajiban masyarakat, sebab jumlah aparat polisi terbatas.
Kapolres juga mengingatkan supaya di setiap desa dibangun pos ronda atau Siskamling, untuk menjaga keamanan lingkungan selama 24 jam.

"Kegiatan ronda Siskamling itu diperlukan untuk menjaga keamanan lingkungan, karena ronda  merupakan bagian dari upaya deteksi dini terhadap tindak kejahatan dan gangguan keamanan," ucapnya.

Diakui Cellica, keamanan adalah tanggungjawab masyarakat bersama, sedangkan polisi ialah sebagai leading sektor. Sehingga yang berperan penuh menjaga keamanan adalah warga, sebab di tiap Polsek hanya berjaga 20 hingga 30 aparat polisi, sedangkan jika dibanding jumlah penduduk se-kecamatan sekitar 1 polisi banding 1.000 warga, idealnya 1 polisi banding 200 warga.

"Maka, dituntut partisipasi masyarakat setempat menjaga lingkungannya masing-masing," kata Cellica. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -