Kosim dan Budpar Gelar Festival Kaulinan Budak Lembur

KARAWANG, KarawangNews.com - Komunitas Seniman Muda (Kosim) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang menggelar Festival Budaya Kaulinan Budak Lembur di Kampung Budaya, Kamis (27/11/2014) siang. Peserta permainan tradisional Sunda ini diikuti anak-anak SMP se-Kabupaten Karawang.

Kaulinan Budak Lembur yang dilombakan diantaranya, engrang, rorodaan, papancakan, sosorodotan, gasing, perepet jengkol, bedil jepret, sumpit dan gatrik. Peserta terbaik dari lomba ini akan mewakili lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat pada Juni-Juli 2015 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang, Drs. Dadan Sugarda menyatakan, lomba ini diikuti oleh 28 dari 30 kecamatan se-kabupaten, kecamatan yang tidak mengirim peserta yaitu Pakisjaya dan Cilamaya Kulon. Meski begitu, jumlah peserta ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya diikuti 22 kecamatan.

Diakuinya, permainan tradisional ini semakin jarang ditemui, bahkan saat ini anak-anak lebih memilih pemainan yang ada di mall. Ini disebabkan saat ini hampir jarang tersedia lahan terbuka, setelah banyaknya berdiri gedung-gedung di sekitar pemukiman.

Meski begitu, pihaknya akan terus menanamkan permainan budaya ini dengan event dan pagelaran yang akan rutin dilaksanakan setiap tahun.

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana yang hadir di acara ini menginginkan, para seniman Karawang bisa memotivasi putra-putri daerah agar kenal dengan budaya sendiri, sehingga bisa menghargai permainan budaya Karawang dan Jawa Barat. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -