Yonif 305 Selamatkan Pejabat yang Disandera Teroris

KARAWANG, KarawangNews.com - Sekelompok orang bersenjata api yang diduga teroris berhasil menculik dan menyekap seorang pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Pejabat tersebut diketahui disandera di dalam sebuah gubuk kecil yang jauh dari pemukiman warga.

Setelah mendapat laporan, pasukan anti teror Yonif 305 Karawang langsung melakukan pengintaian dan pengejaran terhadap kelompok bersenjata tersebut. Untuk memastikan lokasi pejabat itu disekap, pasukan antiteror mengirim dua orang prajurit yang menyamar sebagai pedagang bakso keliling. Sempat terjadi perkelahian sengit, dua prajurit TNI berhasil melumpuhkan dua kelompok bersenjata dengan tangan kosong.

Dalam sekejap, sekitar satu peleton pasukan antiteror Yonif 305 bersenjata lengkap menyerbu lokasi penyanderaan dan terjadi baku tembak dengan kelompok teroris. Kurang dari 30 menit, pasukan antiteroris dengan sigap melumpuhkan kawanan kelompok teroris bersenjata itu dan berhasil mengevakuasi sandera menuju tempat yang aman.

Selanjutnya, bangunan tua tempat persembunyian kawanan teroris dan tempat yang dijadikan penyekapan, terpaksa diledakkan karena diketahui menyimpan berbagai bahan peledak berbahaya.
Ringkaian simulasi ketangkasan TNI yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-69 TNI itu dilakukan oleh pasukan Batalyon Infanteri (Yonif) Linud 305 Karawang, simulasi itu mendapat sambutan warga dan pejabat yang menyaksikan di Lapangan Karangpawitan.

Inspektur upacara, Komandan Kodim 0604/Karawang, Letkol Armed Wahyu Widodo, mengatakan, rangkaian acara HUT ke-69 TNI ini sengaja diisi dengan serangkaian atraksi ketangkasan prajuritnya. Selain simulasi pasukan antiteror, TNI juga mempertunjukkan keahlian beladiri yang diperagakan oleh ratusan prajurit TNI Yonif 305.

"Sengaja dilakukan agar masyarakat mengetahui tanggungjawab dan kinerja TNI yang sesungguhnya," kata dia. Selasa (7/10/2014) pagi, saat upacara peringatan HUT ke 69 TNI di Lapangan Karangpawitan.

Dalam sambutan tertulis Jenderal Moeldoko yang dibacakan Dandim 0604 Karawang, Letkol Wahyu Widodo, mengajak seluruh prajurit untuk memaknai usia TNI yang ke-69 ini dengan tekad dan janji untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian dimasa yang akan datang.

"Setiap prajurit hendaknya meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa serta tugasnya sebagai unsur keamanan dan pertahanan negara yang implementasinya ditujukan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara," demikian amanat Jenderal Moeldoko.

Sementara, Danyon Infanteri Linud 305, Letkol, tema yang di usung dalam peringatan hari jadi TNI kali ini adalah Patriot Sejati, Profesional dan dicintai Rakyat. Maka, acara peringatan dilakukan secara terbuka di hadapan seluruh masyarakat Karawang.

"Supaya mereka tahu, semua sarana dan prasarana, termasuk senjata yang digunakan TNI adalah milik rakyat," terangnya.

Diketahui, acara HUT TNI yang diselenggarakan di hadapan umum ini baru pertama kali dilakukan Yonif Linud 305 dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

"Kita ingin memberi sesuatu yang baru, biar existensi TNI terlihat di hadapan masyarakat dan ingin menunjukkan kita terbuka dan dekat dengan masyarakat Karawang," jelasnya. (spn)










Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -