Polres Kembali 'Refresh' Peragaan P3K

KARAWANG, KarawangNews.com - Unit Laka Lantas Polres Karawang memperagakan cara menyelamatkan nyawa orang yang celaka di jalan raya, Sabtu (4/10/2014) siang di  Mako Polres Karawang. Peragaan ini untuk mempermudah penyelidikan kasus kecelakaan.

Dijelaskan Kanit Laka Lantas Polres Karawang, Iptu Heri Nur Cahyo, ini merupakan upaya penyegaran kembali pengetahuan dan pemahaman anggota Polantas dalam melakukan olah Tempak Kejadian Perkara (TKP) saat menangani kasus kecelakaan di jalan raya.

Prosedur  penanganan kecelakaan, kata dia, memiliki beberapa tahapan.  Pertama, petugas harus mengamankan dan memberikan pertolongan terhadap korban secepat mungkin.  Kedua, petugas harus memberikan tanda dengan garis kapur di lokasi kejadian sebelum korban dan kendaraan dipindahakan dari tempat awal, serta mengamankan barang bukti. Ketiga,  petugas wajib mencatat saksi-saksi kejadian serta identitas semua korban yang terlibat kecelakaan.

“Ini seperti hanya untuk mengingatkan, meski sebenarnya materi itu sudah dipelajari di pendidikan kepolisian,” katanya.

Selain pelatihan olah TKP, anggota juga diberikan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), supaya anggota dapat memberikan pertolongan kepada korban laka secara tepat, sehingga korban dapat terselamatkan.

Dengan pembekalan itu, kemampuan personel anggota Polantas Polres karawang dapat meningkat serta terampil menangani kecelakaan, juga mampu memberi pertolongan pertama pada situasi gawat darurat. Kata Heri, pelayanan polisi kepada masyarakat harus menjadi lebih optimal. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -