PKP4TKI Karawang Terancam Dihapus

KARAWANG, KarawangNews.com - Komisi Pusat Kegiatan Pembinaan Penempatan Perlindungan dan Pemberdayaan (PKP4TKI)  Kabupaten Karawang terancam dihapus sesuai pada revisi Undang-Undang Tenaga Kerja No. 39 Tahun 2004 tentang ketenagakerjaan yang saat ini masih dalam tahap pembahasan bersama pemerintah pusat. Alasannya, revisi UU ketenagakerjaan menyangkut pada aturan dan kebijakan di daerah pada sektor tenaga kerja luar negeri.

Apalagi, menurut Ketua Komite Pengawas dan Pelindung Tenaga Kerja Indonesia Wilayah Kabupaten Karawang, Hasyim, ketika dihubungi via seluler di gedung DPR DKI Jakarta, Senin (13/10/2014), PKP4TKI sebagai bagian yang dilahirkan melalui kebijakan pemerintah daerah dinilai kurang strategis, khususnya menindaklanjuti persoalan-persoalan di sektor ketenagakerjaan luar negeri.

"PKP4TKI terancam dibubarkan mengacu pada rencana DPR dan pemerintah pusat merevisi UU tenaga kerja luar negeri. Ada sejumlah pasal pada UU tersebut berkaitan dengan kebijakan di tingkat daerah," ulasnya.

Rencananya, pemerintah pusat bukan hanya menghapus beberapa kebijakan di daerah, tentang penanganan sejumlah persoalan tenaga kerja luar negeri pusat akan merubah beberapa kebijakan di BNP2TKI. (sgt)

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()