Penilik PNFI Out Bond di Gunung Burangrang

PURWAKARTA, KarawangNews.com - Sebanyak 50 orang penilik Pendidikan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PNFI Disdikpora) Karawang mengikuti 'out bond' di Gunung Burangrang daerah Wanayasa Kabupaten Purwakarta 10-11 Oktober 2014. Out bond ini rangkaian Diklat penilik PNFI selama sepekan ini.

"Pada out bond ini kita 'recharger' agar kembali tumbuh motivasi melaksanakan tugas di lapangan, juga tumbuh kebersamaan," kata Kabid PNFI Disdikpora Karawang, Amid Mulyana SE, di sela acara tersebut.

Dia berharap, melalui out bond ini, semua penilik menjadi figur yang profesional, mandiri dan bermartabat. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas penilik, juga wawasan pengetahuan, termasuk memotivasi kembali para penilik agar bisa memberikan pelayanan terbaik PNFI kepada masyarakat.

Usai out bond, Diklat penilik ini akan dilanjutkan di kelas pada 14-15 Oktober 2014 di Kantor Diklat Kabupaten Karawang. Diklat yang dibagi dua sesion ini untuk meningkatkan para penilik lebih profesional.

"Saya terharu melihat kekompakan para penilik dan materi yang disampaikan pemateri mengena ke pribadi peserta," kata Amid.

Sementara itu, trainer out bond dari Puncak Nusantara Porvider Out Bond Bandung, DR. Aam Kurnia MPd menjelaskan, materi yang disampaikan kepada pesertanya yaitu tentang meningkatkan profesional kerja, kemandirian dan bermartabat, ini didesain dengan cara bermain di alam terbuka.

"Proses belajar yang efektif adalah ketika situasi para peserta senang dan berbahagia, mereka dapat mengingat kembali pengetahunan, sehingga peserta dapat berpikir proses peningkatan dan pelayanan, juga menentukan strategi efektif, bagaimana mereka bisa melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal," jelasnya.

Kegiatan yang diikuti, lanjut Aan, yaitu fun game, outing ke Gua Jepang dan air terjun di Gunung Burangrang, mereka belajar dari alam, peserta juga merasakan dengan belajar dari alam bisa memunculkan motivasi dan keikhlasan bekerja, juga profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada publik.

"Fun game membangun kebersamaan, gerak dan lagu membangun profesionalisme dengan mencerdaskan otak kanan dan kiri, juga keikhlasan dengan kegiatan kristalisasi dan renungan," kata Aan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -