GMNI Desak Pemkab Buat Perbup Cagar Budaya

KARAWANG, KarawangNews.com - Puluhan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Karawang berunjuk rasa di depan kantor Bupati Karawang, Kamis (30/10/2014). Para aktivis ini menuntut Pemkab Karawang menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) terkait Peraturan Daerah (Perda) No. 4 tahun 2013, mengenai cagar budaya di Karawang.

Sekretaris DPC GMNI Karawang, Putra M. Wifdi Kamal mengungkapkan, degradasi budaya yang terjadi di kalangan genrasi muda saat ini disebabkan lemahnya pemerintah dalam mengelola dan melestarikan aset-aset sejarah dan budaya. Sampai saat ini, Perda cagar budaya kurang tersosialisasikan dan tidak secara maksimal dijalankan, akibat tidak adanya Perbup untuk menjadi acuan pelaksanaan.

"Maka wajar jika aset-aset sejarah dan budaya tidak terawat, akibat Perda yang dihasilkan oleh legislatif tidak ditindaklanjuti oleh eksekutif melalui Perbup. Contohnya apa yang terjadi di Tugu Proklamasi Rengasdengklok yang sering dicorat-coret, menjadi tempat mabuk-mabukan dan mesum. Begitu pun dengan rumah sejarah tempat perumusan teks proklamasi," ujar Putra.

Usai berorasi di depan kantor bupati, para aktivis ini diterima masuk ke ruang rapat bupati oleh Kabag Hukum, H. Kiki dan Asda II, Ramon Wibawa Laksana. Hasilnya, Pemkab Karawang sepakat untuk segera melakukan kajian terhadap Perda cagar budaya dan menerbitkan Perbup sebagai acuan tata cara pelaksanaan. (hil)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -