Wawan: BPLH Tidak Lembek

KARAWANG, KarawangNews.com - Sekretaris Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang, Drs. Wawan Setiawan menyatakan, pihaknya tidak lembek menindak pencemar lingkungan, diantaranya soal pencemaran sungai.

"Kita sudah memasang telemetri di sejumlah titik sungai yang diduga sering terdapat limbah buangan pabrik, sehingga kita akan mengetahui beberapa pabrik yang membuang limbah berbahaya ke sungai," kata dia, Senin (15/9/2014).

Diakuinya, ada 4 perusahaan yang diduga mencemari Citarum, juga perusahaan yang melakukan 'dumping' di daerah Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, perusahaan itu akan dipidanakan. Kata dia, pidana ini diharap akan membuat efek jera bagi perusahaan yang melanggar.

Tak hanya pencemaran sungai, pihaknya pun terus melakukan koordinasi dengan BPLHD Provinsi Jawa Barat terkait masalah karst di Kecamatan Pangkalan. Bahkan, dua kali Wakil Gubernur Deddy Mizwar turun ke lokasi.

Kata Wawan, memang tindakan BPLH saat ini lebih respon dibanding tahun sebelumnya, ini dipengaruhi sumber anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai di BPLH, bahkan kini BPLH Karawang memiliki laboratorium.

"Lab ini tinggal difungsikan, alat sudah siap, kira hanya menunggu akreditasi dan Perda tarif," jelasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -