Warman: Koperasi Gerakan Vital Perekonomian Rakyat

KARAWANG, KarawangNews.com - Mengacu pada kongres pertama koperasi tahun 1947, koperasi merupakan gerakan vital perekonomian rakyat dan dalam kongres itu melibatkan pemerintah, sehingga kemajuan koperasi sebagai tugas semua pihak, terlebih kebijakan pemerintah.

Demikian kata Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang, H. Warman SE, Sabtu (20/9/2014) pagi, di acara HUT Koperasi ke-67 di Lapang Karangpawitan, Karawang Barat. Bersamaan dengan HUT ini, dilaksanakan Gebyar Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Karawang

"Jika ingin sejahtera maka mutlak harus menggandeng koperasi, karena koperasi sebagai tulang punggung perekonomian bangsa ini," kata dia.

Diakuinya, setiap momen Hari Ulang Tahun (HUT) koperasi selalu diingatkan 10 keputusan kongres, dia menyebutkan lima diantaranya, pertama dibentuknya Sentral Organisasi Rakyat Indonesia (Sokri) tahun 1947, kedua yaitu kemakmuran rakyat harus dilaksanakan sesuai Pasal 33 UUD 45 diantaranya koperasi, ini amanat kongres pertama, kemudian ketiga ditempatkannya konsep koperasi rakyat desa di dalam keputusuan, sehingga tiap desa harus ada koperasi.

Selanjutnya, keempat yaitu distribusi barang-barang yang penting harus diselenggarakan oleh koperasi, karena selama ini tidak seperti itu dan kelima memutuskan setiap tanggal 12 Juli harus ditetapkan sebagai HUT Koperasi.

Selain gebyar produk koperasi dan KUMKM Karawang, di acara ini dilaksanakan jalan sehat yang diikuti sekitar seribu anggota koperasi dan masyarakat. Rangkaian HUT Koperasi ini dilanjutkan dengan work shop tanggal 22-23 September 2014, selanjutnya akan ada diklat bagi petani dan nelayan di pantai utara. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -