Sri Rahayu: Negara Wajib Jamin Penuh Pendidikan

KARAWANG, KarawangNews.com - Majunya suatu bangsa ditentukan kualitas pendidikan dalam memberikan jaminan pendidikan untuk masyarakat. Demikian kata Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu Agustina, Selasa (23/9/2014). Dari sekian negara maju di dunia dapat dilihat kualitas pendidikan di negara tersebut.

Bahkan, kata Sri, ada beberapa negara maju yang menjamin pendidikan gratis untuk masyarakatnya sampai ke jenjang perguruan tinggi, seperti di Jerman. Di Jerman, tidak hanya memberikan pendidikan gratis untuk warga negaranya saja, melainkan membuka kesempatan untuk warga negara asing lainnya, dari Indonesia pun banyak yang melanjutkan pendidikan gratis di Jerman.

"Sehingga, negara wajib menjamin pendidikan bagi masyarakatnya, secara penuh dan berkualitas," kata dia, menyebutkan beberapa warga Karawang pun banyak yang melanjutkan pendidikan di Jerman.

Diakuinya, poin pendidikan salah satu hal yang menjadi prioritas perhatiannya di legislatif, agar Karawang bisa menciptakan kualias pendidikan yang bermutu dengan ditunjang anggaran besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang, ditambah dengan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat dan APBN dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK).

Jadi, lanjut Sri, dengan ditunjang oleh anggaran yang begitu fantastis itu tidak ada lagi alasan bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang terkendala peningkatan kualitas serta mutu pendidikannya, dari sarana dan prasarana, juga tenaga pendidiknya.

Ini pernah dia sampaikan dalam Rapat Kerja (Raker) Disdikpora Karawang Sabtu (20/9/2014) kemarin di Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Dalam paparannya, dia menyampaikan, semua aspirasi masyarakat dan tenaga pengajar, juga sarana gedung sekolah yang sudah tidak layak gunakan lagi.

"Setelah itu, Senin kemarin, saya ketua PGRI Karawang mengunjungi gedung sekolah yang rusak, kondisinya memprihatinkan. Saya juga telah sampaikan ke Disdikpora agar mengedepankan unsur objektif dalam melakukan rotasi dan mutasi guru di lingkungan UPTD PAUD-SD," jelasnya.

Kata Sri Rahayu, fungsinya di DPRD Karawang ini untuk mengontrol lembaga eksekutif Pemkab Karawang, juga aspirasi masyarakat, selama aspirasi itu sesuai fakta. Maka, dia berkewajiban menyampaikan amanah aspirasi tersebut dan melakukan pengawasan secara intensif terhadap realisasi dari lembaga eksekutif.

Selain itu, lembaga legsilatif akan terus berupaya membenahi produk legislasi pendidikan, serta memaksimalkan aspek 'budgeting' agar tercapai tujuan pendidikan di Karawang yang berkualitas dan bermutu. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -