Sri Rahayu: Anggaran Pilkada Rp 100 Miliar Pemborosan

KARAWANG, KarawangNews.com - Bendahara Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Karawang, Sri Rahayu Agustina Suroto menilai, rencana pemkab menggelentorkan anggaran Pikada Karawang tahun 2015 sebesar Rp 100  miliar merupakan pemborosan. Bahkan, Wakil Ketua DPRD sementara ini menyebut angka tersebut tidak realistis.

Mengingat, pada pesta demokrasi tingkat kabupaten yang digelar tahun 2009 lalu, hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp 48 miliar. Sri menduga, ada  ‘permainan mata’ antara Sekretaris Daerah Karawang Teddy Rusfendi Sutisna dengan oknum-oknum tertentu.

 “Jelas, itu merupakan sikap tidak realistis. Maka perlu diduga ada hal yang kurang benar,” ujarnya, Selasa (2/9) sore di ruang kerjanya.

Diungkapkan Sri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mengajukan anggaran Pilkada tahun 2015 sebanyak Rp 67 miliar. Hal itu pun untuk pemilihan dua putaran. “Ini jelas seperti ada permainan antara Pemkab dan KPU,” ucapnya.

Menurut Sri, pada Pilkada tahun 2015 tidak semua peralatan harus dibeli oleh KPU. Misalkan, sejumlah kotak suara yang digunakan pada pilpres 9 Juli lalu masih ada yang dapat digunakan kembali.

“Tidak semua harus dianggarkan dari nol. Untuk pengadaan kotak suara pun cukup ditambah atau diperbaiki saja,” kata Sri.

Ditegaskan Sri, jika pemkab tetap merekomendasikan anggaran Pilkada sebanyak Rp 100 miliar, maka Fraksi Golkar akan menjadi yang petama menolaknya.

“Itu termasuk sikap berfoya-foya dan tergolong pemborosan murni, serta mungkin saja rakyat mempertanyakannya di kemudian hari,” tegasnya.

Sebelumnya, Teddy Rusfendi Sutisna memperkirakan anggaran Pilkada tahun 2015, sekitar Rp 100 miliar. Anggaran itu diperuntukan bagi KPU, Panwaslu dan aparat keamanan.

Diakui Sekda, KPU telah menyampaikan alokasi anggaran kebutuhan Pilkada sekitar Rp 67 miliar. Alokasi anggaran yang disampaikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah Karawang tersebut merupakan kebutuhan anggaran Pilkada hingga putaran kedua. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -