Rieke Tolak Pilkada Tidak Langsung

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDI P) DPR RI, Rieke Diah Pitaloka menolak tegas pemilihan kepala daerah secara tidak langsung atau melalui DPRD. Pasalnya, pemilihan secara tidak langsung mencederai hak masyarakat.

Kata dia, pemilihan secara langsung oleh rakyat merupakan wujud demokrasi secara substansial, jangan sampai ini mengganggu demokrasi yang telah dibangun.

"Kita mohon dukungan masyarakat, ini tentunya tidak boleh terjadi, karena pemilihan langsung dalam Pilkada merupakan esensi dari bentuk suatu demokrasi," ujarnya, saat ditemui wartawan, Sabtu (13/9/2014) malam, saat menghadiri pertunjukan Wayang Kulit di Grand Taruma, Karawang.

Kata dia, dalam pelaksanaan pemilihan langsung memang masih banyak kelemahan, yaitu tingginya politik uang maupun dari penyelenggaranya. Namun hal itu tidak lantas harus diganti dengan kembali dipilih melalui DPRD.

"Yang kita butuhkan adalah evaluasi, bagaimana meminimalisir hal tersebut, bukan mengubahnya untuk kembali dipilih secara tidak langsung melalui DPRD," terangnya.

Dia berharap, polemik ini jangan sampai terjadi karena adanya kepentingan sesaat dari kelompok tertentu. Sehingga, kelompok tersebut memaksakan cara pemilihan yang justru bisa melanggar hak-hak rakyat berdemokrasi.

"Ini menyangkut persoalan rakyat, ini tidak bisa diarahkan hanya untuk target-terget kelompok tertentu," ujarnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -