Pemprov Jabar Kaji PT Jui Shin Indonesia

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyelesaikan masalah pertambangan di Karawang selatan, termasuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan PT Jui Shin Indonesia (JSI).

“Itu sudah dalam tahap penyidikan,” ujar Deddy, saat sidak pertambangan di daerah Pangkalan, Rabu (3/9/2014).

Kata Deddy, langkah pertama terkait pertambangan saat ini adalah penutupan terlebih dahulu untuk mencegah timbulnya kerusakan lebih jauh. Dari kajian tersebut akan dijelaskan zona pertambangan.

“Selanjutnya akan segera dilakukan kajian terlebih dahulu, baru nanti akan bisa ditentukan mana daerah yang ditambang dan mana yang tidak,” ujarnya.

Penerbitan Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang (SPPR) PT JSI oleh Pemkab Karawang juga akan dikaji.

“Untuk saat ini akan dilihat peraturannya seperti apa, sehingga untuk sementara kita hentikan,” ungkap Deddy.

Dia berharap, dengan penghentian sementara aktivitas penambangan batu kapur di Karawang selatan ini, semua bisa bekerjasama dan terselesaikan dengan baik.

Untuk sementara ini, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat sedang melakukan pengumpulan data dari beberapa saksi untuk dikembangkan.

“Kita tidak menyebut perusahaan a,b atau c. Harap semua bisa bersabar, karena masih tahap penyidikan,” jelasnya.

Diketahui, keberadaan PT JSI secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Bojongmanggu Kabupaten Bekasi. Namun, secara geografis lebih dekat dengan Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan Karawang, letak keduanya hanya dipisahkan Sungai Cibeet.

Lokasinya yang berdekatan dengan pertambangan penduduk inilah yang dianggap pemicu pertambangan modern yang merambah daerah Tamansari. Sehingga batu kapur hasil penggalian di Tamansari dengan mudah diangkut ke PT JSI melalui jembatan tersebut.

Sedangkan, Pemkab Karawang tidak mengetahui dan merekomendasi pembangunan jembatan PT JSI di atas Sungai Cibeet itu. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -