Pelantikan Pimpinan DPRD Sepi

KARAWANG, KarawangNews.com - Pelantikan Pimpinan DPRD Karawang yang di gedung paripurna DPRD, Rabu (24/9/2014) sepi dan hanya dihadiri sepertiga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan kepala desa, yang hadir hanya Muspida dan anggota dewan serta keluarga para pimpinan DPRD.

Hal ini mengundang perhatian semua pihak, seperti disesalkan Ketua DPC Partai Gerindra, Royke Benta Sahetapi, dia mengaku bingung dengan ketidakhadiran para pejabat Pemkab Karawang pada acara tersebut.

"Harus ada teguran kepada mereka yang tidak menghadiri acara penting ini. Saya berharap pihak yang berkompeten menegur mereka untuk menanyakan alasan kenapa tidak hadir," katanya, usai acara itu.

Menurut Royke acara pelantikan pimpinan DPRD Karawang merupakan acara penting yang harus dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemkab Karawang, karena institusi DPRD adalah lembaga pemerintahan mitra kerja eksekutif yang harus dihormati, bukan hanya oleh pejabat Pemkab tapi juga masyarakat.

Untuk itu, kalau memang tidak ada hal yang lebih penting seharusnya para pejabat Pemkab Karawang dapat menghadirinya.

"Kecuali memang ada urusan yang tidak bisa ditingglkan, karena sangat penting, ya masih kita maklum," ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris DPRD Karawang Ahmad Suroto mengaku, sudah mengundang semua pihak untuk menghadiri acara pelantikan. Khusus untuk para pejabat di lingkungan Pemkab Karawang undangan telah disampaikan melalui Sekretaris Daerah.

"Kecuali undangan untuk Muspida, kita langsung sampaikan sendiri ke instansi terkait," akunya.

Undangan yang disampaikan ke Sekda, kata Suroto, ditujukan kepada para kepala OPD, camat hingga kepala desa. Diakuinya, undangan pelantikan pimpinan DPRD bersifat mendadak, karena menunggu terbitnya surat keputusan dari gubernur.

"Soal ketidakhadiran para kepala OPD bukan wewenang saya untuk bicara," imbuhnya.

Senada dengan Suroto, Ketua DPRD yang diambil sumpah janjinya, Toto Suripto menyatakan, ketidakhadiran undangan bukan menjadi wewenangnya. Hal itu, bagi Toto sudah menjadi bagian teknis Sekretaris Dewan agar menegur semua yang tidak hadir dalam undangan itu.

“Ya seharusnya mereka hadir, tapi sekali lagi itu wewenang eksekutif,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Berdasarkan pantauan wartawan, pelaksanaan pelantikan berjalan lancar, Ketua DPRD Karawang yaitu Toto Suripto dari Fraksi PDI Perjuanga, kemudian Wakil Ketua DPRD Sri Rahayu Agustina dari Fraksi Partai Golkar, juga Ajang Suoandi Fraksi Gerindra dan Budianto Fraksi Partai Demokrat. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -