PAN Dukung Pilkada Tidak Langsung

KARAWANG, KarawangNews.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten Karawang tidak mempersoalkan sistem pemilihan umum kepala daerah dipilih oleh DPRD. Hal ini disampaikan Sekretaris DPD PAN Kabupaten Karawang, Dadan Suhendarsyah, Senin (22/9/2014).
 
Kata dia, dari pada harus ribut soal mekanisme, lebih baik fokus soal idealitas pemilihan yang output-nya pemimpin daerah aspiratif untuk menciptakan clean and clear 'goverment'.

Dia membantah jika pemilihan tidak langsung disebut anti demokrasi. Kata dia, pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat bukanlah tujuan, melainkan jalan mencapai cita-cita bangsa dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

"Tidak ada satu klausul dalam konstitusi Pancasila maupun UUD yang dilabrak apabila Pilkada dilakukan dengan sistem tidak langsung," tegasnya.

Kata dia, institusi legislatif dan anggota parlemennya, suka atau tidak suka merupakan produk demokrasi. Dalam Pemilu, rakyat sudah memberikan mandat penuh kepada anggota parlemen dan mempercayai sebagai penyambung aspirasi dan kepentingan rakyat.

"Terlepas strategi dan cara yang dilakukan calon legislatif hingga lolos di DPRD, mereka adalah produk demokrasi," terangnya.

Dia mencontohkan, legitimasi sistem pemilihan secara tidak langsung diberlakukan di Papua. Sistem Noken di Papua, tidak setiap orang memiliki hak pilih, tetapi cukup diwakili oleh kepala suku atau kepala adat.

"Jadi, Pemilukada berbasis perwakilan DPRD bukanlah barang haram," tegasnya, membantah jika Pilkada secara tidak langsung mencederai semangat reformasi. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -