KKM Terapkan Kurtilas di MI Pakis

KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 87 guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) se-Kecamatan Pakisjaya mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas) di MI Nurul Hidayah, Kecamatan Pakisjaya, Sabtu (20/9/2014).

Ketua Pelaksana Bimtek Kurtilas KKM MI Pakisjaya, Sidin, S.Ag mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan profesionalisme guru madrasah, sehingga mampu mengajar sesuai dengan Kurtilas di masing-masing madrasahnya. Selain meningkatkan kualitas pendidikan, Bimtek ini akan membantu program KKM MI Kecamatan Pakisjaya dalam peningkatan mutu madrasah.

"Kita memberikan motivasi kepada para guru madrasah untuk lebih berkreasi dan inovatif dalam menerapkan Kurtilas madrasahnya masing-masing," jelasnya.

Di tempat sama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Karawang, H. Sopian, M.Si. mengatakan, pendidikan madrasah sebagai salah satu komponen elemen lembaga pendidikan harus menyelaraskan dengan berbagai kebijakan nasional sebagai upaya untuk menyeimbangkan regulasi pendidikan nasional di Indonesia saat ini, termasuk penerapan Kurtilas.

Perubahan Kurikulum 2006 menjadi Kurikulum 2013 pada dasarnya adalah perubahan pola pikir guru, secara spesifik dapat dikatakan merupakan perubahan budaya dan iklim mengajar dari para guru, serta belajar dari peserta didik dalam melaksanakan pendidikan di madrasah, diantaranya proses pembelajaran hingga sistem penilaian yang diterapkan.

Secara fundamental, kata Sopian, Kurikulum 2013 ingin mengubah orientasi pembelajaran dari yang selalu mengukur kemampuan akademis siswa (kognitif) menjadi berorientasi pada pengembangan sikap dan keterampilan. (laf)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -