KIS Akar Akan Gelar Bazar Budaya Sunda

KARAWANG, KarawangNews.com  -  Dalam rangka 'milangkala' atau ulang tahun yang pertama, Komunitas Iket Sunda Area Karawang (KIS Akar) berencana menampilkan Pagelaran Budaya Sunda dan Bazar yang bertajuk Sunda Mangkalang.

Menurut Ketua Panitia Sunda Mangkalang, Agus Sutisna, kegiatan ini sebagai media transformasi dan edukasi dalam mengenalkan kearifan budaya Sunda pada masyarakat Karawang.

"Selain fungsi utamanya sebagai edukasi, acara ini juga menjadi ajang kampaye yang mendukung visi awal kita yang ingin melestarikan kearifan budaya Sunda, sekaligus memperkenalkan keberadaan KIS Akar," ucapnya, Rabu (17/9/2014).

Acara yang akan digelar tanggal 11 Oktober 2014 tersebut rencananya akan diselenggarakan di Saung Beureum, Desa Amansari, Rengasdengklok. Dalam acara tersebut akan ditampilkan beberapa kesenian Sunda, seperti debus, jaipongan, pencak silat, pop Sunda, topeng banjet termasuk rampak karinding.

Sementara itu, Pembina KIS Akar juga pemilik Saung Beureum, Herman Elfauzan menyatakan, mendukung penuh milangkala tersebut, karena kegiatan itu merupakan salah satu upaya dalam melestarikan kesenian tradisional yang hampir punah.

"Di Jawa Barat ada 40 jenis kesenian tradisional yang hampir punah. Anak muda sekarang sudah melupakan budayannya sendiri dan malah bangga dengan budaya asing. Mudah-mudahan dengan diadakannya acara ini, bisa mengembalikan kecintaan masyarakat Karawang terhadap budayanya sendiri," ujarnya.

KIS Akar terbentuk pada tanggal 6 Oktober 2013. KIS terlahir dari obrolan ringan di media sosial facebook yang ingin merintis sebuah komunitas yang mengedepankan budaya lokal, terutama iket. (gm)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -