Investasi Industri di Subang Naik

SUBANG, KarawangNews.com - Nilai investasi bidang industri yang ditanamkan para investor dalam dan luar negeri di Subang, Jawa Barat, selama dua tahun terakhir mengalami lompatan yang sangat fantastis. Pada 2012 saat industri baru masuk ke wilayah Subang, nilai investasinya baru mencapai Rp 400 miliar.

"Pada tahun 2013 melonjak jadi Rp 1,3 triliun," ujar Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Subang Elita Budiarti.

Total nilai investasi sebesar itu berasal dari tujuh perusahaan asing dan 20 perusahaan dalam negeri. Dampak ikutannya, penyerapan tenaga kerja baru mencapai 4.300 orang.

Elita optimistis lompatan nilai investasi pada 2014 akan lebih tinggi lagi. Sebab, jumlah investor dan nilai investasinya juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Yang pasti, nilainya akan melewati angka Rp 1,3 triliun," tuturnya.

Ia memastikan bahwa investor dalam negeri menguasai penanaman modal sepanjang 2014. Realitas itu membalikkan keadaan yang terjadi pada medio 2013 dan sebelumnya yang selalui dikuasai investor asing, terutama asal Korea.

Menurut Elita, para investor yang menanamkan modal pada 2014 juga sudah tidak melulu di industri garmen.

"Hingga September 2014 ini sudah bergeser ke industri manufaktur yang banyak merekrut tenaga kerja laki-lali," ujarnya.

Atas keberhasilannya mendongkrak investasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menobatkan Kabupaten Subang sebagai kabupaten dengan kinerja terbaik sepanjang tahun 2013 dan 2014.

Bupati Subang Ojang Sohandi mengatakan, dari 11.000 hektare luas lahan yang tersebar di tujuh kecamatan yang disiapkan buat kepentingan industri, baru sekitar 4.000 hektare yang sudah terisi. Ia yakin perkembangan pembangunan industri di daerahnya akan tumbuh subur, terutama setelah Jalan Tol Cikopo-Palimanan beroperasi.

"Ibarat gula, wilayah Subang akan dikerubuti semut," ujar Ojang.

Dia berjanji akan meringkas proses perizinan untuk mempercepat kehadiran investor di daerahnya.

"Jika semua persyaratan normatif sudah terpenuhi seluruhnya oleh investor, izin bisa keluar dalam satu hari, atau maksimal seminggu," kata Ojang. [tinjau]
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -