DPRD Kebut Alat Kelengkapan Dewan

KARAWANG, KarawangNews.com - Setelah diambil sumpah dan janjinya pada tanggal 5 Agustus 2014 yang lalu, Anggota DPRD Kabupaten Karawang baru menyelesaikan komposisi fraksi, pimpinan DPRD dan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib DPRD. Sementara itu, alat kelengkapan dewan sebagai instrumen vital pekerjaan DPRD, sampai saat ini belum juga selesai.

Beberapa waktu yang lalu, setelah terbentuknya Pansus Tatib, DPRD Karawang melakukan studi banding ke DPRD Sleman Jogjakarta.  Hasilnya kini ditindaklanjuti oleh fraksi-fraksi dan Pansus DPRD untuk membentuk alat kelengkapan dewan.

Beberapa agenda mendesak sudah menunggu para legislatif terpilih 2014 ini untuk segera dibahas. Sehingga, saat ini, anggota parlemen sedang mengebut untuk menyelesaikan alat kelengkapan dewan tersebut.

Musyawarah dan lobi-lobi antar fraksi dan pimpinan DPRD sudah mulai dilakukan untuk merancang struktur komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Banleg), Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Kehormatan (BK) DPRD.

“Waktu yang kita punya sudah mepet, jadi harus ngebut untuk segera melaksanakan agenda penting,” ungkap Wakil Ketua DPRD Fraksi Demokrat, Budianto, di ruang kerjanya, Jumat (19/9/2014).

Diungkapkan Budianto, DPRD hanya memiliki waktu efektif kurang dari tiga bulan untuk melaksanakan sejumlah agenda penting, diantaranya pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang desa dan Ranperda APBD tahun 2015.

Dua hal ini, menurut dia bisa berjalan beriringan, sehingga roda pembangunan di Kabupaten Karawang dapat berjalan.

"Semoga saja akhir bulan ini sudah selesai,” tandasnya.

Dalam pembahasan ini, menurut dia, DPRD Kabupaten Karawang mengedepankan asas musyawarah mufakat dan tidak menggunakan mekanisme voting. Harapannya, pembahasan bisa segera tuntas dan harus sudah bisa diparipurnakan untuk pengesahannya.

Hal yang sama juga dinyatakan Ketua Fraksi Gerindra Danu Hamidi, keseluruhan alat kelengkapan dewan diharapkan dapat selesai dalam rentang waktu sebulan ke depan.

Percepatan tersebut, bagi Danu dirasa sangat perlu, mengingat DPRD harus segera melakukan tugas kelegislasian, terutama dalam penyusunan Rancangan Anggaran Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2015, sebagaimana pengajuan eksekutif.

"Selain Raperda APBD, Kami juga punya tugas menyelesaikan beberepa ranperda yang belum tuntas dibahas teman-teman dewan periode lalu. Itulah prioritas kami," jelasnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -