DPRD: Anggaran Pilkades Akhir Februari 2015

KARAWANG, KarawangNews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang akan meminta penegasan Pemkab Karawang terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan serentak pada Januari 2015. Pasalnya, DPRD Karawang meragukan Pilkades bisa terlaksana pada bulan tersebut.

DPRD Kabupaten Karawang akan segera melakukan ‘hearing’ dengan pihak eksekutif atas logika waktu yang telah dinyataknnya itu. Upaya tersebut dilakukan oleh pihak legislatif sebagai antisipasi apabila waktu pelaksanaan Pilkades meleset, karena akan menimbulkan kekacauan di pedesaan.

Hal itu diungkapkan sejumlah anggota DPRD pada rapat dengan para mantan kepala desa, Kamis (18/9/2014) di ruang rapat II DPRD. Mereka adalah Wakil Ketua II DPRD Ajang Sopandi, Danu Hamidi, Endang Sodikin, Nana Nurhusna Hidayat, Ahmad Zamaksyari, Khoiruddin, Timan Sukirman termasuk Sekretaris DPRD Ahmad Suroto.

Pada kesempatan ini, para mantan kepala desa meminta penjelaskan kemungkinan Pilkades bisa terlenggara bulan Januari 2015. Selain itu, pada kepala desa juga menuntut legislatif agar menanyakan kepada eksekutif tentang keabsahan Surat Keputusan Bupati Karawang yang ditandatangani oleh Wakil Bupati Karawang dengan menulis A.n atau atas nama bupati dalam surat tersebut.

Sebab, PP No. 43 Tahun 2014 menyatakan, keputusan pengangkatan Penjabat Sementara Kepala Desa (Pjs Kades) merupakan kewenangan Bupati.

Pertanyaan tersebut dijawab Ahmad Suroto, Ketua DPRD Kabupaten Karawang telah mendapat surat tembusan dari Bupati Karawang yang berisi tentang pelimpahan sebagian wewenang Bupati Karawang.

“Ada surat tembusan yang baru kita terima, tentang pelimpahan sebagian wewenang bupati kepada wakil bupati. Nanti, semua anggota DPRD akan kita beri copian suratnya,” jelas Suroto.

Sementara itu, terkait dengan keraguan pelaksanaan Pilkades di Januari 2015, Jimmy Ahmad Zamaksyari menyatakan, peluangnya kecil Pilkades dilaksanakan Januari 2015, karena anggaran untuk Pilkada belum tentu bisa dicairkan pada bulan tersebut.

Hal senada diungkapkan Danu Hamidi, secara deskriptif alur penganggaran sampai pada pencairan untuk sebuah kegiatan yang dananya berasal dari APBD bisa cair paling cepat akhir Februari 2014.

“Saya bukannya melemahkan pendapat eksekutif, tetapi berdasarkan pengalaman, pembahasan RAPBD mulai RKPD, KUAPPAS, RKA, Nota Kesepakatan menjadi Perda APBD sampai turunnya persetujuan gubernur itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar,” kata dia.

Menurutnya, tahapan itu semua harus dilalui, Sehingga Pemkab Karawang akan diminta penegasannya mengenai dasar pelaksanaan Pilkades di Januari 2015.

Lain halnya dengan Perda pemerintahan desa yang memuat juga tentang Pilkades, karena Raperda tersebut sudah pernah dikonsultasikan kepada Gubernur Jawa Barat untuk mendapatkan evaluasi dan masukan, maka tinggal melengkapi saja.

“Kalau soal regulasinya, saya kira sudah tidak ada masalah. Karena tinggal melengkapi hasil masukan dan evaluasi dari Gubernur, jadi sudah siap untuk ditetapkan menjadi Perda,” ungkapnya meyakinkan.

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Ketua Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FKBPD), Tamjid meminta, agar semua pihak menghormati hasil kesepakan terkait pelaksanakan Pilkades sebelumnya. Dia berharap, prosedur dan tahapan penganggaran APBD 2014 jangan sampai mengorbankan rencana pelaksanaan Pilkades.

Dia khawatir, jika tertunda lagi, maka akan berbenturan dengan tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang tahun 2015.

“Kami bukan bermaksud mementahkan pernyataan Jimmy maupun Danu, tetapi kami minta DPRD jangan macam-macam. Jika nanti pada saat komunikasi eksekutif mengajukan anggaran di APBD 2015, silahkan dikritisi asal masih dalam koridor yang benar, jangan sampai membuang waktu yang bertele-tele,” ujar Tamjid.

Rapat terbuka ini diakhiri dengan inisiatif DPRD yang berencana memanggil Pemkab Karawang untuk kembali membahas Pilkades, pokok persoalannya membahas kepastian pelaksanaan Pilkades, sekaligus mencari solusi yang menunjang ketepatan waktu Pilkades. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -