Dana Pilkades 2015 Bakal Pinjam ke Kas Daerah

KARAWANG, KarawangNews.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Karawang akan tetap dilaksanakan Januari 2015, sedangkan tahapannya akan dimulai Oktober 2014.

"Bulan Oktober itu draf Raperda masuk pembahasan di DPRD, sehingga Desember 2014 sudah selesai diparipurnakan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Drs. Teddy Rusfendi Sutisna, Jumat (26/9/2014).

Pembahasan Ranperda yang akan diserahkan bulan Oktober dapat berjalan beriringan dengan pelaksanaan tahapannya. Sehingga, akhir Januari 2015 Pilkades bisa dilaksanakan.

Proses Pilkades ini akan menggunakan anggaran APBD perubahan tahun 2014. Sementara anggaran penyelenggaraan bagi 177 desa akan dimasukkan dalam APBD murni tahun 2015. Sementara ini, baru dilakukan penyusunan KUA PPS oleh Eksekutif.

Kata Teddy, dana Pilkades dianggarkan Rp 14,7 miliar, kalau meleset, maka pemerintah daerah masih bisa meminjam anggaran dari kas daerah.

"Tak usah khawatir tidak ada anggaran, kalaupun belum selesai dan belum ada persetujuan dari gubernur, kas daerah itu bisa dipinjam," ucapnya.

Pernyataan Sekda Karawang ini untuk menjawab keraguan DPRD Karawang, seperti diungkapkan Jimmy Ahmad Zamakhsyari, Kamis kemarin. Bahkan tak hanya meragukan, tindakan dari Pemda Karawang yang ungkapkan Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana ini terlalu berani menandatangani kesepakatan waktu pelaksanaan Pilkades pada Januari 2015.

Pernyataan Jimmy tersebut bukan tanpa alasan, argumentasi rasional yang dipaparkannya berangkat dari pengalamannya selama menjadi anggota legislatif. Meski pembahasan Ranperda APBD bisa selesai dan ditetapkan di akhir bulan Desember 2014, tetapi tidak bisa serta-merta dicairkan pada bulan Januari 2015.

“Pengalaman selama ini, anggaran APBD tidak pernah cair untuk kegiatan pada bulan Januari. Kalau bisa cepat persetujuan gubernur bisa selesai dua minggu, tapi kalau lambat bisa sebulan,” kata Jimmy, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kemungkinan untuk menggunakan dana kas daerah ketika APBD belum bisa dicairkan untuk Pilkades, Jimmy menyatakan keraguannya.

“Semua anggaran daerah yang dikeluarkan dan atau dipergunakan harus ada nomenklaturnya. Tidak asal pinjam kas daerah,” ulas Ketua DPC PKB Kabupaten Karawang ini. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -