Bupati Purwakarta Akan Tindak Pabrik yang Mencemari Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi akan menindak pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Kata dia, di Purwakarta hanya ada satu perusahaan yang nakal dan akan segera ditindak. Ini diungkapkan Dedi untuk merespon tuntutan masyarakat Karawang terkait pencemaran limbah yang mengalir dari Purwakarta hingga ke Bendung Barugbug, Kecamatan Jatisari, Karawang.

Ditegaskannya, untuk menyelesaikan pencemaran sungai, dia meminta Kabupaten Karawang juga Subang komitmen menangani bersama menindak tegas perusahaan yang diketahui membuang limbahnya ke sungai. 

"Kalau Purwakarta masalah gampang, bupatinya mudah di hubungi, lewat twitter saja pasti di jawab," ujarnya, saat menghadiri acara di Karawang.

Diakui Dedi, perusahaan yang dianggapnya sering mencemari sungai hanya ada satu, tetapi Dedi enggan menyebutkan nama perusahaan itu, dia hanya menyebutkan pabrik itu adalah pengolah kertas.

Selanjutnya, Dedi akan mendisposisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan PJT II untuk segera melakukan langkah penanganan.

Diketahui, Kamis (25/9/2014) lalu, DPRD dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang melakukan sidak ke Bendung Barugbug di Desa Situdam, Kecamatan Klari. Sidak ini atas desakan warga di sekitar Bendung Barugbug yang sering mencium aroma tak sedap air sungai tersebut, bahkan warna airnya pun hitam pekat.

Seorang warga setempat, Yayah (40) menyampaikan, pencemaran di Barugbug barugbug sudah berlangsung puluhan tahun. Bendung Barugbug ini pertemuan antara Sungai Cilamaya yang hulunya di perbatasan Purwakarta dan Sungai Ciherang yang hulunya di Subang.

Kemudian, dari Bendung Barugbug alirannya dipecah menjadi empat, yakni ke Sungai Cilamaya hilir, Sungai Ciherang hilir, serta dua saluran sekunder untuk mengairi area pertanian warga setempat. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -