BPLH Beri Sanksi 5 Perusahaan Pencemar Lingkungan

KARAWANG, KarawangNews.com - Lima perusahaan pencemar lingkungan memenuhi panggilan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang, Senin (15/9/2014), perusahaan tersebut diberikan sangsi administrasi, karena telah melakukan kesalahan mengelola limbah industri, dianataranya tidak menggunakan alat pengolah limbah IPAL.

Dikatakan Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian BPLH Karawang, Neng Junengsih, Selasa (16/9/2014) di kantornya, dari hasil pengawasan BPLH di lapangan terhadap lima perusahaan yang diketahui mengelola limbah tidak sesuai aturan, sehingga mencemari lingkungan.

Kelima perusahaan tersebut diantaranya PT Astra International TBK TSO Cabang Karawang, kemudian PT Rekayasa Putra Mandiri, PT Monokem Surya, lalu PT Heinz ABC Indonesia dan PT Canvas Industry Indonesia.

Kelima perusahaan tersebut diberikan sanksi administrasi berupa teguran tertulis dan laporan pengelolaan limbah. Mereka dituntut untuk melakukan pelaporan atau progres report atas perkembangan pembenahan pengelolaan limbah.

"Jangka waktu pembenahan pengelolaan ada yang 1 bulan, 3 bulan sampai 6 bulan. Itu harus dilaporkan sebagai 'progress' yang disertai dokumentasi foto," ungkapnya.

Setelah tahapan yang di tentukan selesai, maka BPLH akan kembali melakukan sidak kepada lima perusahaan tersebut. Jika masih ditemukan pelanggaran serupa, BPLH akan memberikan sanksi yang lebih berat.

"Kita bisa melakukan pencabutan izin, kalau perusahaan itu tidak melakukan pembenahan," kata Neng.
 
Selain kelima perusahaan tersebut, lanjut Neng, masih ada beberapa perusahaan yang akan dipanggil BPLH terkait pencemaran lingkungan. Kata Neng, sidak ini berdasar laporan masyarakat kepada BPLH. Dengan begitu, dia meminta agar masyarakat tetap kritis dan melaporkan perusahaan yang mencemari lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka. (mus/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -