Angklung Bisa Dilestarikan di Sekolah

KARAWANG, KarawangNews.com - Hasil kerja keras pihak sekolah untuk melatih siswa di bidang apapun selalu berbuah manis. Seperti yang tengah dirasakan oleh kepala sekolah, guru, dan siswa di SMPN 3 Karawang Barat.

Sekolah ini banyak menerima panggilan untuk menampilkan music asli Jawa Barat tersebut di berbagai kegiatan yang ada di Kabupaten Karawang. Ini tak lepas dari konsentrasi guru selama melatih siswa didik di bidang kesenian angklung.

Kepsek SMPN 3 Karawang Barat, Drs. H. Herman M.Pd mengaku, bangga dengan keterampilan siswa didiknya, terlebih lagi dalam hal kesenian angklung. Menurut Herman, itu jelas menjadi buah kerja keras dan kreativitas siswa didiknya di sekolah, yaitu kerja keras yang berupa latihan yang intens dan kreativitas yang selama ini dikerjakan oleh siswa-siswi SMPN 3 Karawang Barat.

“Ketika ada undangan tampil, tentunya ini merupakan wahana bagi anak-anak untuk lebih membangkitkan kembali semangat dalam porsi latihan mereka. Selain adanya wujud kepedulian terhadap musik khas kedaerahan yang harus tetap dipelihara juga,” ucap Herman, Selasa (23/9/2014).

Ia berharap, kesenian tradisional yang mulai ditinggalkan oleh kawula muda itu bisa terus eksis di sekolah SMPN 3 Karawang Barat. Angklung, menurut Herman, merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan di sekolahnya.

“Ekskul ini aktif melestarikan kesenian asli daerah, dengan mengajarkan cara memainkan alat musik dalam budaya Sunda kepada para siswa kami di sekolah,” katanya.

Diakuinya, musik angklung adalah salah satu kreasi musik tradisional Sunda yang dimainkan bersama-sama oleh sekitar dua sampai puluhan pemain. Dalam memainkan angklung dapat berdiri sendiri, artinya dari angklung itulah membentuk lantunan lagu sendiri. Selain itu, bisa sebagai pengiring dari tari Jaipongan.

“Saya berharap kesenian yang sangat diminati oleh para siswa saya ini, bisa terus dilestarikan di sekolah. Terlebih saat ini banyak kawula muda yang mulai meninggalkan kesenian ciri khas tradisional ‘kasundaan’ Jawa Barat ini,” harapnya. (gsg)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -