Wabup Akan Tutup Perusahaan Pencemar Lingkungan

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana secara tegas menyatakan, akan menutup perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan di Citarum. Hal ini ditegaskan oleh Cellica saat membuka kegiatan Ekspedisi Nasional Citarum di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) Senin (25/8/2014).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat tersebut, Cellica menandaskan, apabila terdapat perusahaan yang tidak mempunyai kepedulian terhadap lingkungan dan malah melakukan pencemaran di Citarum, maka akan diambil tindakan tegas.

“Kami akan lakukan peringatan keras bila ada yang melakukan itu dan saya tak segan akan tutup pabrik itu,” ancamnya dengan nada tinggi.

Bagi Cellica, keberadaan Sungai Citarum yang berhulu dari Gunung Layar di wilayah selatan Kota Bandung merupakan sumber penghidupan masyarakat yang sudah berjalan ratusan tahun. Masyarakat dari dulu sangat menggantungkan kehidupannya dari Sungai Citarum untuk berbagai aktivitasnya. Mulai dari pengairan lahan pertanian, kebutuhan rumah tangga dan untuk transportasi.

“Citarum yang terbentang sepanjang 297 km harus kita jaga dan lestarikan lingkungannya,” tandas Cellica.

Kondisi Sungai Citarum saat ini telah berubah menjadi sungai paling tercemar. Airnya yang sudah berwarna coklat, tentu mesti harus dipikirkan agar tidak sampai berubah menjadi hitam. Diharapkan Cellica, perusahaan memperhatikan limbah perusahaannya, karena tingginya tingkat pencemaran Citarum, tentu berasal dari limbah perusahaan.

“Semua tergantung pada diri kita untuk selalu tetap menjaga Citarum. Jangan sampai limbah dalam kualitas tinggi mencemari Citarum,” jelasnya.

Hal lain yang disampaikan Cellica adalah berupaya untuk tetap mempertahankan Karawang sebagai lumbung ketahanan pangan nasional.

“Kami tetap bertekad untuk mempertahankan Karawang sebagai kota ketahanan pangan nasional. Meskipun saat ini, Karawang juga identik dengan kota industri,” jelasnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -