Relokasi Kampung Toge Diresmikan

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Deden Darmansah meresmikan 79 rumah relokasi dampak banjir, di Kampung Toge, Desa Cikampek Selatan, Kecamatan Cikampek, Jumat (29/8/2014) siang. Sedangkan 43 rumah relokasi banjir lainnya berlokasi di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya. Rieke dan Deden melakukan gunting rumah relokasi di Kampung Toge, disaksikan masyarakat korban banjir juga pejabat provinsi dan Kabupaten Karawang.

Rumah ini dibangun dari aspirasi Deden Darmansah di DPRD Provinsi Jawa Barat, Deden mengusulkan semua korban banjir di dua kecamatan itu mendapat rumah layak huni, karena pasca kebanjiran ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal mereka.

Ini sebagai bentuk kepedulian Deden Darmansah kepada korban banjir yang tempat tinggalnya rusak akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu. Rumah relokasi ini mulai dibangun pada Rabu (12/2/2014) lalu oleh Bupati Karawang, H Ade Swara.

Peresmian rumah layak huni di Kampung Toge ini juga dihadiri Kepala UPTD ESDM Provinsi Jabar, Acep Surisno, Kepala Biro Pengelolaan Barang Daerah Provinsi Jabar H. Dadang, Kabid tata Ruang Kabupaten Karawang Tatang dan unsur OPD Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Acep Surisno mengaku, relokasi rumah ini berawal dari ide H. Deden Darmansah yang berusaha membantu warga korban banjir langganan setiap musim hujan. Di bawah rumah relokasi ini, kata Acep, ada pemukiman yang sering kebanjiran akibat luapan Sungai Cikarang Gelam, banjir tahunan ini telah menyapu bersih rumah penduduk yang didirikan di atas tanah Pengairan PJT II.

Sementara itu, Rieke Dyah Pitaloka mengungkapkan apresiasi kepada Deden Darmansah yang telah membantu warga setempat untuk memiliki hunian layak dan bersertifikat hak milik. Diakui Rieke, Deden adalah sosok legislator yang aspiratif terhadap pembangunan dan kemajuan masyarakatnya.

“Hari ini adalah hari yang luar biasa, seandainya saja semua wakil rakyat seperti Kang Deden, pasti rakyat akan sejahtera,” ungkapnya memuji kinerja Deden Darmansah.

Sementara itu. Deden Darmansah mengatakan, dia merasa perlu membantu masyarakat setempat untuk tempat tinggal yang aman dan nyaman, terlebih dari bencana banjir yang meneror mereka hampir setiap hujan turun. Beruntung tidak ada korban jiwa, meski beberapa warga dinyatakan hanyut dan berenang akibat terbawa arus deras air bah tersebut.

Kata Deden, APBD Provinsi mengalokasikan dana pembangunan sebesar Rp 2.075.000.000, ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp.213.000.000, sedangkan bantuan yang diberikan langsung Bupati Karawang pada saat peletakan batu pertama yaitu 100 sak semen. Kemudian, bantuan APBD Kabupaten Karawang sebesar Rp 640.000.000.

Dia menjelaskan, pembiayaan pembangunan rumah layak huni relokasi di Kampung Toge, Desa Cikampek Selatan, Kecamatan Cikampek Kabupaten pengadaan tanahnya seluas 2000 meter persegi dari APBD Provinsi Jabar sebesar Rp 400.000.000, kemudian pembangunan rumah 36 unit dari APBD Provinsi Jabar Rp 540.000.000 dan dari Swadaya Masyarakat sebesar Rp 213.000.000.

Pengadaan air bersih dari APBD Provinsi Jabar sebesar Rp 450.000.000, kemudian Penerangan Jalan Umum (PJU) dari APBD Provinsi Jabar sebesar Rp 45.000.000. Selain itu, pembangunan jalan lingkungan dan turap dari APBD Kabupaten Karawang sebesar Rp 126.000.000. Total anggaran tersebut sebesar Rp 1.774.000.000 untuk di Kampung Toge Desa Cikampek Selatan.

Sedangkan rincian pembiayaan pembangunan relokasi di Desa Teluk Bango Kecamatan Batu Jaya, total keseluruhan sebanyak 43 unit dari APBD Provinsi Jabar sebesar Rp 640.000.000. Jadi, total keseluruhan Desa Cikampek Selatan Kecamatan Cikampek Sebesar Rp 1.774.000.000, sedangkan untuk total keseluruhan Desa Teluk Bango Kecamatan Batu Jaya Sebesar Rp. 640.000.000. Total semua menjadi Rp 2.414.000.000. (gs)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -