Pramuka Ciptakan Generasi Peka Lingkungan

SUBANG, KarawangNews.com - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Pesantren (BP) yang berada di bawah naungan Yayasan Minhajut Thalibin (Yamin) Pungangan, Patokbeusi, Kabupaten Subang mengadakan peringatan Hari Pramuka Sedunia 14 Agustus.

Pembina pramuka SMP Yamin, Abdun Nasir menyampaikan, gerakan Pramuka memberikan kontribusi besar terhadap pribadi manusia yang berkarakter, karena dalam Pramuka dipelajari berbagai macam keterampilan serta dilatih kepekaan terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan. 

"Jadi gerakan Pramuka, membangun manusia yang berkarakter dan membangun bangsa yang memiliki kepribadian baik," ujar Nasir, Kamis (14/8/2014).

Bahkan gerakan pramuka bisa menyelesaikan masalah sosial dan masalah kebangsaan yang kerap kali muncul ditanah tercinta ini.

"Seperti penyalah gunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif, juga sex bebas, perkelahian, tawuran, kekerasan termasuk kriminalitas, semua itu bisa diatasi dengan terus mengembangkan gerakan Pramuka," ujarnya.

Untuk permasalahan kebangsaan, Pramuka bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan rendahnya kecintaan terhadap bumi pertiwi, meningkatkan sumber daya manusia yang siap bertahan dimana pun anggota Pramuka itu berada,  sesuai dengan tunas kelapa yang menjadi simbol Pramuka Indonesia.

"Masalah-masalah kriminal dan masalah-masalah bangsa inilah yang harus ditanggulangi, di sinalah pentingnya gerakan Pramuka untuk menanamkan pendidkan berkarakter. Bahkan bukan hanya itu, permasalahan-permasalahn kaum muda pun saya yakin bisa teratasi," terangnya.

Dengan demikian, tepat dihari ulang tahun pramuka ke-53 ini, Nasir menghimbau kepada para peserta didik untuk bisa terus meningkatkan kualitas diri dan mempersiapkan diri demi kebaikan kehidupan di masa mendatang.

"Mari songsong masa depan, gantungkan cita-cita kalian setinggi mungkin dan tanamkanlah dalam diri kalian bahwa berbuat baik kepada sesama merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim," ungkapnya. (zi)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -