Pemkab Berbenah Jelang Penilaian Adipura

Banner IDwebhost
KARAWANG, KarawangNews.com - Pemerintah Kabupaten Karawang terus melakukan pembenahan dan penataan untuk persiapan pemantauan tahap pertama Adipura. Pemantauan tersebut akan dilaksanakan pada September hingga Desember 2014.

Hal ini diungkapkan tim koordinator Adipura Kepala Bidang Pelestarian Lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang, Ade Setiawan, Kamis (28/8/2014).

Kata dia, pemantauan non fisik akan dilaksanakan Januari 2015, sedangkan untuk pemantauan tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2015. Sedangkan untuk pengumuman hasil perolehan nilai Adipura yaitu tanggal 5 Juni 2015.

Diakuinya, Telaga Desa telah mendapat predikat sebagai Taman Keanekaragam Hayati (Kehati), tentunya itu menjadi salah satu dasar kelayakan kenapa Pemkab Karawang menjadikan Telaga Desa menjadi salah satu titik pemantauan.

“Taman Kahati adalah taman yang memiliki keanekaragaman tanaman dengan berbagai jenis termasuk tanaman yang langka di Karawang,” ujarnya.

Telaga Desa saat ini sudah menyiapkan beberapa jenis tanaman, antara lain tanaman Jambu Cingcalo dan pohon buah Kawista. Tanaman yang ada di taman ini sekitar 1,7 hektar dari luas seluruhnya sekitar 22 hektar.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang, Ridwan Salam mengatakan, akan memfungsikan kembali Taman Ade Irma atau yang dikenal sebagai Taman Bencong Karawang sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Karawang.

Kata Ridwan, keberadaan taman-taman di kota Karawang yang seharusnya digunakan untuk ruang terbuka publik kini dinilainya masih sangat kurang. Sehingga, dia berupaya akan mengoptimalkan keberadaan dan fungsi taman itu lagi.

Sedangkan, para pedagang kaki lima yang sudah mendirikan usahanya di daerah taman bencong tersebut rencananya akan direlokasi. Pasalnya, keberadaan pedagang tersebut telah mengubah fungsi taman menjadi pasar. (mus/spn)
iklan
BERIKAN KOMENTAR ()