Paripurna DPRD Karawang Tetapkan 7 Fraksi

KARAWANG, KarawangNews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang menggelar rapat paripurna Jum’at (15/8/2014) di Gedung DPRD Karawang Jalan Ahmad Yani. Rapat perdana ini digelar secara maraton dengan agenda pengumuman komposisi fraksi-fraksi, juga mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke-69 juga penyampaian pengantar RUU APBN Tahun 2015.

Pada rapat agenda pertama ini, dari 49 anggota dewan, sebanyak lima kursi yang kosong. Toto Suripto tidak menyebutkan secara rinci jumlah kehadiran anggota dewan, tetapi hanya menyatakan kehadiran anggota dewan dalam sidang ini sudah quorum.

Dalam penyampaikan komposisi fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Karawang, Toto menyatakan, di DPRD Karawang terdapat 7 fraksi. Fraksi tersebut merupakan tempat berkumpulnya anggota dewan dalam satu partai politik atau gabungan dari partai-partai politik. Nama dan kompisisi ke 7 fraksi tersebut diantaranya fraksi PDI Perjuangan, fraksi Partai Golongan Karya, fraksi Gerindra dan fraksi Demokrat.

Juga fraksi PKB, fraksi Bintang Nurani Nasdem (F-BNN) yang merupakan gabungan Partai Bulan Bintang, Partai Hanura dan Partai Nasional Demokrat, dan fraksi Persatuan Amanat Sejahtera (PAS) yang merupakan gabungan Partai Persatuan Pembangunan, Pertai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.

Dalam komposisi fraksi, beberapa nama anggota dewan ‘incumbent’ yang memegang jabatan sebagai ketua fraksi antara lain Teddy Luthfiana, Nurlaela Saripin dan Budiwanto.

Pada kesempatan menjelang penutupan sidang sesi pertama ini, sempat diwarnai interupsi dari anggota fraksi Partai Kebangkitan Bangsa H. Jimmy Ahmad Zamakhsari, dia meminta dalam penyebutan urutan fraksinya jangan ditempatkan paling belakang. Meskipun jumlah anggotanya paling sedikit, Jimmy menegaskan PKB berdiri sebagai fraksi bukan karena gabungan partai politik. Harapannya, ini perlu dihargai dengan menempatkan urutan penyebutan Fraksi PKB setelah fraksi Partai Demokrat.

“Jangan karena jumlahnya cuma lima orang, lantas PKB selalu disebut paling belakang. PKB ini murni satu partai lho, bukan gabungan,” kata Jimmy.

Mendapat interupsi dari anggota sidang, Toto sempat mau melakukan tanggapan. Namun, Jimmy dengan sigap menyampaikan kalau interupsinya tersebut bukan untuk ditanggapi, tapi hanya untuk masukan kepada Sekretariat DPRD agar dalam penyebutan selanjutnya tidak lagi menempatkan PKB di urutan paling bontot.

Dalam sesi kedua sidang paripurna untuk mendengarkan pidato Kenegaraan HUT RI ke- 69, banyak tamu dan anggota DPRD yang kurang memperhatikan sepenuhnya pidato Presiden SBY. Tampak beberapa orang berbincang-bincang dengan teman duduknya masing-masing.

Selanjutnya, pada sidang sesi ketiga yang dilaksanakan setelah sholat Jum’at, kehadiran anggota Dewan dan perwakilan instansi dan Organisasi Perangkat Daerah yang lain jauh lebih sedikit. Beberapa kursi anggota dewan hanya terisi 33 orang saja, sementara kursi undangan di balkon yang disediakan untuk OPD juga tak jauh berbeda.

Rapat yang dipimpin Ketua Sementara DPRD Karawang H. Toto Suripto ini sempat molor beberapa menit dari jadwal yang sudah direncanakan. Beberapa tamu undangan yang hadir antara lain Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, dan Sekda Karawang, Teddy Rusfendi S, juga kepala instansi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karawang.

Hadir pula jajaran Muspida Karawang antara lain Kapolres Karawang, AKBP. Dady Hartady, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri dan Komanadan Kodim 0604 Karawang. (SK/top)


Komposisi Fraksi DPRD Kabupaten Karawang 2014-2019

No.
FRAKSI
Jabatan
Jabatan
1
Fraksi PDI Perjuangan
Endang Habib
Natala Sumedha
Rosmilah
Ketua
Sekretraris
Bendahara
2
Fraksi Partai Golkar
Teddy Luthfiana
Asep Syaripudin
Sri Rahayu Agustina
Ketua
Sekretraris
Bendahara
3
Fraksi Gerindra
Danu Hamidi
Nana Nurhusna Hidayat
Ketua
Sekretraris
4
Fraksi Partai Demokrat
Pendi Anwar
Suci Nurwinda
Hitler Nababan
Ketua
Sekretraris
Bendahara
5
Fraksi PKB
Acep Suyatna
Isak Iskandar
Ketua
Sekretraris
6
Fraksi BNN (Bintang Nurani Nasdem)
Nurlaela Saripin
Indriyani
Dewi Rohayati
Ketua
Sekretraris
Bendahara
7
Fraksi PAS (Persatuan Amanat Sejahtera)
Budiwanto
Dedi Rustendi
Ketua
Sekretraris
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -