Pabrik Oli di Klari Terbakar, 10 Rumah Warga Ikut Hangus

KARAWANG, KarawangNews.com - Pabrik produksi oli kemasan milik PT Q-Range Jaya Makmur di jalan Klari-Karawang Kampung Duren, Desa Duren, Kecamatan Klari Selasa (19/8/2014) siang, ludes terbakar. Akibat kebakaran itu, 10 rumah yang berdekatan dengan pabrik tersebut ludes terbakar dan hancur akibat tertimpah bongkahan bangunan pabrik tersebut, 1 diantaranya adalah sebuah Musholla.

Di dalam pabrik itu, sebanyak dua unit kendaraan berat jenis forklip, dua unit mobil boxs dan satu sepeda motor milik karyawan pabrik tersebut ikut terbakar. Sementara itu kerugian yang menimpa warga dan pabrik pengemasan oli tersebut  ditaksir miliaran rupiah.

Kobaran api besar membumbung ke lagit, dengan cepat api melalap bangunan dan rumah penduduk, sebab di pabrik ini banyak bahan yang mudah terbakar, terutama oli. Petugas kepolisian dan petugas pemadam kebakaran meminta warga yang tak berkepentingan untuk menjauh, karena rawan terjadi ledakan dari penampungan oli sedalam 15 meter di pabrik tersebut.

Keterangan warga, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 23.25 WIB, setelah sebelumnya api mulai dijinakan sekitar pukul 16:30 WIB.

Untuk memadamkan kebakaran ini, sebanyak 9 unit armada pemadam kebakaran dikerahkan, diantaranya 3 unit armada milik Pemerintah Kabupaten Karawang, 2 unit dari PT Pupuk Kujang Cikampek, 1 unit PT Asia Pacific Fibers, 1 unit PT Pindodeli Pulp, 1 unit dari Karawang International Industrial City (KIIC) dan 1 unit armada milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang turut membantu memadamkan api.

Semua armada pemadam kebakaran itu terus lalu lalang silih berganti di jalan raya Klari untuk mengambil air yang mereka gunakan untuk menyemprot kebakaran itu siang hingga malam hari, karena api sulit dipadamkan.

Berdasarkan data Polres Karawang, dugaan awal penyebab kebakaran tersebut yakni dari tabung gas yang bocor lalu meledak. Seperti diungkapkan Kapolsek Klari, Kompol Agus S, kepolisian masih belum mengetahui penyebab pastinya kebakaran, tetapi dugaan sementara disebabkan ledakan tabung gas.

“Dugaan sementara dari keterangan beberapa warga, terjadi sebuah ledakan tabung gas elpiji sehingga menyulut kobaran api hingga menyulut sebuah mobil box dan langsung merambat ke tempat penampungan oli,” ungkap Kompol Agus S.

Sebelumnya, menurut seorang saksi mata, Joni (42), ketika api mulai terlihat dari pabrik itu, kondisinya sangat sepi, karena sebagian karyawannya sedang keluar untuk istirahat siang. Warga dikagetkan ledakan besar, kemudian terlihat ada kobaran api dari dalam pabrik itu.

Akibat kebakaran ini, arus lalu lintas dari arah Karawang menuju Cikampek dan sebaliknya mengalami kemacetan panjang hingga lima kilometre, kebakaran besar ini pun menjadi tontonan warga. Bahkan, warga yang berada di lokasi kejadian ini merasakan hawa panas yang menyengat akibat kebakaran besar itu. (gsg)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -