Natala: Pilkades Jangan Dipolitisasi

KARAWANG, KarawangNews.com - Dipastikan, pemilihan kepala desa tahun ini tidak bisa dilaksanakan. Sebab, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2014 dan APBD Perubahan tidak mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades. Belum lagi, peraturan daerah (Perda) yang dijadikan dasar hukum pelaksanaannya pun belum ada, termasuk peraturan bupati.

“Untuk tahun ini tidak bisa ada Pilkades, karena anggarannya dari mana,” kata anggota DPRD Karawang, Natala Sumedha, Jumat (15/8/2014).

Terkait kemungkinan Pilkades akan digelar awal tahun depan pun, Sektretaris Fraksi PDI Perjuangan ini masih meragukan. Mengingat, DPRD Karawang baru harus memprioritaskan pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2015.

Sementara, saat ini alat kelengkapan dewan pun belum terbentuk. DPRD Karawang, melalui rapat paripurna perdana Jumat siang, baru menetapkan komposisi fraksi-fraksi. “Kalaupun bisa di laksanakan awal tahun depan, ya harus kerja ekstra,” ungkapnya.

Dia mengkhawatirkan, apabila Pilkades tidak bisa dilaksanakan pada awal tahun 2015, karena akan mendahulukan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karawang. Kekhawatiran ini sangat beralasan, mengingat pada bulan Maret 2015, tahapan pelaksanaan Pilkada Karawang sudah berjalan.

Lebih dikhawatirkan lagi, aku Natala, momentum transisi di desa akan dimanfaatkan oleh calon tertentu yang akan maju di Pilkada untuk mempolitisasi aparat penjabat kepala desa. Mengingat, sebelum pelaksanaan Pilkades, terlebih dahulu akan ditunjuk penjabat kepala desa yang berasal dari pegawai negeri sipil pemerintah Kabupaten Karawang.

“Ini harus jadi perhatian kita, jangan sampai calon bupati menggerakkan penjabat kepala desa untuk pemenangannya,” ujarnya.

Aroma politisasi momentum pilkades, bagi Natala dari awal sudah tercium, indikasinya dari Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2014, juga raperda Pilkades yang tidak ada. Begitu juga dalam APBD 2014 dan Perubahannya yang tidak mengalokasikan anggaran pelaksanaan Pilkades.

“Jangan-jangan memang ini sudah didesain,” terangnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -