Kantor Koran Kabar Gapura Diteror

KARAWANG, KarawangNews.com - Teror kepada kantor redaksi media terjadi di Karawang. Harian lokal Kabar Gapura mendapat aksi terror dari sekelompok orang tak dikenal, Sabtu (30/8/2014) sekitar pukul 3.30 WIB. Pelaku merusak kantor ini dengan melempar batu yang dibalut kertas bertuliskan ‘jangan beritain macem-macem’, sehingga pintu ruangan staf redaksi yang berlokasi di Jalan Panatayudha, Karawang ini kacanya pecah berserakan.

Belum diketahui motif pelemparan batu tersebut, tetapi diduga aksi ini terkait pemberitaan, meski belum diketahui berita mana yang dimaksud si pelaku itu.  Keterangan saksi, yaitu marketing iklan Kabar Gapura, Andre, pelaku mendatangi kantor ini lebih dari empat orang, ini diketahui dari suara motor yang meninggalkan kantor tersebut.

Para pelaku berhenti di kantor itu, kemudian mengendap dan melempar batu, dari suara benturan kaca diperkirakan pelaku melempar tiga kali, kemudian kabur. Menyadari kantornya di serang, Andre melaporkan kejadian itu ke pimpinannya dan polisi.

Redaktur Pelaksana Kabar Gapura, Hatono menyatakan, penyerangan ini merupakan bukti aksi sewenang-wenang pihak tak bertanggung jawab terhadap dunia pers. Padahal, jika nara sumber atau pihak tertentu tidak suka dengan isi pembirataan, mereka bisa melayangkan hak jawab. Sehingga, penyerangan seperti ini dianggap tindakan kriminal.

Kata dia, saat ini kehidupan Pers di Karawang tengah terancam, karena sebelum aksi pelemparan batu ini, wartawannya sempat menerima ancaman terkait pemberitaan. Dengan kejadian ini, dia meminta polisi menindak dan menangkap pelakunya.

“Saya tidak menganggap main-main atas kasus ini,” ungkap Hartono.

Menanggapi penyerangan ini, Ketua PWI Karawang, Oland Sibarani menegaskan, pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan di surat kabar itu, agar tetap mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan dalam UU Pers.

“Kalau merasa dirugikan atas pemberitaan yang ada di koran Kabar Gapura, bisa menempuh prosedur yang dijelaskan dalam UU Pers, yakni memberikan hak jawab atau konfirmasi atas pembritaan itu,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Karawang, AKBP Daddy Hartadi berjanji akan melakukan pengusutan secara maksimal terkait kasus ancaman ke media massa itu. (gsg/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -