GMNI Minta Upacara HUT RI di Tugu Proklamasi

KARAWANG, KarawangNes.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Karawang mendesak Pemkab Karawang agar melaksanakan HUT Republik Indonesia di Tugu Proklamasi Rengasdengklok. Pasalnya, tugu proklamasi Rengasdengklok dianggap lebih tepat sebagai tempat pelaksanaan upacara dibandingkan dengan tempat yang biasanya digunakan, yakni di lapang Karangpawitan, Karawang Barat.

Hal itu diungkapkan Ketua DPC GMNI Karawang, Dian Suryana, Minggu (10/8/2014) siang, tugu proklamasi Rengasdengklok merupakan tempat yang bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia, tonggak proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Maka, akan lebih tepat jika pelaksanaan memperingati moment bersejarah tersebut digelar oleh Pemkab Karawang di tempat yang berkaitan erat dengan sejarah tersebut.

"Biasanya, kalau pelaksanaan setiap upacara memperingati hari-hari bersejarah selalu digelar di Lapang Karangpawitan, tetapi lebih baik digelar di Tugu Proklamasi Rengasdengklok. Selain akan lebih khidmat dibandingkan dengan di Karangpawitan, pelaksanaan di Tugu Proklamasi akan lebih menumbuhkan rasa kebanggan terhadap Kabupaten Karawang yang memiliki aset bersejarah bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS), mahasiswa, pemuda juga warga yang mengikuti upacara tersebut,"ujarnya.

Selain itu, tambah Dian, dengan digelar upacara di Tugu Proklamasi, akan lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap aset sejarah di Kabupaten Karawang, karena perhatian Pemkab Karawang masih sangat minim terhadap aset sejarah, khususnya tugu proklamasi beserta rumah sejarahnya.

Itu bisa dilihat banyaknya coretan di dinding tugu, bahkan tempat bersejarah tersebut kerap dijadikan lokasi mesum, tawuran dan aksi bejad lainnya oleh oknum-oknum yang meruntuhkan wibawa tempat bersejarah. Maka, GMNI mendesak Pemkab Karawang, dalam HUT RI maupun pelaksanaan upacara nasional lainya harus digelar di tempat yang bersejarah yang ada di Karawang. Diharapkan dengan upaya tersebut, kepedulian Pemkab terhadap aset sejarah lebih maksimal.

"Beberapa kali GMNI Karawang melakukan aksi peduli tugu proklamasi, dengan melakukan pengecatan maupun aksi demonstrasi, tetapi perhatian Pemkab kepada tugu proklamasi masih minim. Maka harapan kami, peringatan HUT RI nanti menjadi tonggak awal kepedulian Pemkab Karawang terhadap aset-aset sejarah dan ‘kota pangkal perjuangan’ tidak hanya menjadi slogan, akan tetapi diaktualisasikan dengan kepedulian dan arah kebijakan yang melindungi aset-aset sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya," jelasnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -