Deden Menangis Dihadapan Rieke

KARAWANG, KarawangNews.com – Jumat (29/8/2014) merupakan hari terakhir H. Deden Darmansah menjabat anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Barat, mengingat Senin (1/9/2014) adalah hari pelantikan DPRD provinsi baru. Di tahun ini, pencalonan Deden ke DPR RI gagal, tetapi dia berharap bisa tetap duduk di DPR RI menganti posisi Rieke Diah Pitaloka periode 2014-2019 jika Rieke diangkat menjadi menteri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Jumat siang itu, Deden bersama Rieke meresmikan 79 rumah relokasi di Kampung Toge, Desa Cikampek Selatan, Kecamatan Cikampek, yaitu rumah aspirasi yang dibangun bagi puluhan kepala keluarga korban banjir di kampung tersebut, selama bertahun tahun mereka selalu dilanda banjir bandang Sungai Cikaranggelam. Bencana ini selalu merusak bahkan menghanyutkan sejumlah rumah warga, sehingga warga merasa terancam keselamatan mereka jika musim hujan tiba.

Dengan kondisi itu, Deden berusaha merelokasi warga ke tempat yang tinggi dan aman, Deden berjuang supaya warga memiliki rumah sendiri dan bersertifikat dengan cara merelokasi mereka, karena rumah yang mereka huni sebelumnya di pinggir Sungai Cikaranggelam adalah milik PJT II Jatiluhur, bukan hak milik warga.

Dalam pidatonya, Deden berpamitan, karena sudah mengemban amanah sebagai anggota DPRD Kabupaten Karawang selama 10 tahun dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat selama 5 tahun.

Banyak dedikasi Deden yang dicurahkan untuk masyarakat, diantaranya kepada puluhan kepala keluarga korban banjir di Kampung Toge ini. Peresmian ini membuat diri Deden terharu, tak terasa ternyata dia sudah mampu membantu warga untuk memiliki rumah sendiri, mampu merelokasi mereka dari tanah langganan banjir ke tanah kering lebih tinggi di kampung yang sama, biaya relokasi ini dari anggaran kabupaten dan provinsi yang dia perjuangkan selama ini.

Di tengah kegembiraan 79 kepala keluarga di acara peresmian itu, Deden menangis dalam pidatonya, berlinang air mata dengan suara yang terbata-bata, dihadapan warga juga dihadapan Rieke. Warga pun sempat terkejut dengan tangisan Deden, mereka pun larut dalam suasana hati Deden yang mengungkapkan pengabdiannya kepada masyarakat selama ini.

Diakui Deden, bantuannya kepada masyarakat dirasa masih kurang, meski diketahui oleh sejumlah warga selama ini Deden telah berbuat banyak untuk masyarakat Karawang dan Purwakarta.

“Saya memohon maaf sebesar-besarnya, mana kala saat saya menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jabar, ada hal yang tidak berkenan di hati masyarakat semua,” ucapnya, dengan nada berat.

Selama pengabdiannya menjabat sebagai wakil rakyat, dia mengaku, telah berupaya maksimal untuk memberikan keinginan masyarakat Jawa Barat dengan prioritas utama. Juga telah berupaya menjembatani hubungan masyarakat dengan Pemerintah Provinsi Jabar selama masa jabatannya.

“Di hari terakhir saya menjabat, tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan moril yang selalu diberikan masyarakat Jawa Barat secara penuh kepada saya. Terima kasih telah mempercayai saya selama ini,” kata dia, mengakhiri sambutan pidatonya.

Dalam sambutannya, Rieke mengatakan, Deden Darmansah seharusnya jangan gagal pada pemilihan legislatif (Pileg) ke DPR RI kemarin, karena dia sudah memberi peluang agar Deden bisa bersamanya di DPR RI, tetapi hasil suara tidak menunjuk Deden berhasil ke DPR RI, karena kalah jumlah suara dari rival separtai Daniel Lumban Tobing dan alm. H. Tono Bahtiar. Sehingga, Deden tersisih dalam urutan di bawah calon legislatif terpilih itu.

Kata Rieke, orang sebaik Deden harus jadi ke DPR RI, karena pribadinya yang pro rakyat. Dalam pidatonya, Rieke mengelus hati Deden yang ‘galau’ agar tetap percaya diri, karena peluang ke DPR RI masih terbuka, jika Rieke dianggkat Jokowi jadi menteri.

“Mudah-mudahan, orang sebaik dia (Deden, red) bisa ke DPR RI, jika saya naik jadi menteri,” ucap Rieke, disambut riuh sorak gembira warga dan pendukung Deden di acara tersebut. (gsg/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -