Damkar Simulasi Kebakaran

KARAWANG, KarawangNews.com - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang menggelar simulasi penanganan kebakaran instansi pemerintah bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tingkat kabupaten da kecamatan, Selasa (26/5), di Kantor Dinas Cipta Karya Karawang.

Sebanyak 100 anggota Sat Pol PP diberi pembekalan penanganan kebakaran tingkat dasar. Kata Instruktur Training, Gunawan, tujuan latihan ini untuk mencegah dampak kebakaran di istansi pemerintah. Diharapkan, sebelum petugas kebakaran datang, mereka bisa menangani terlebih dulu.

“Ini dilakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan, karena bisa saja mobil damkar tidak bisa datang cepat waktu lantaran terjebak kemacetan,” kata Gunawan.

Selain dikenalkan peralatan dasar pemadaam api, seperti karung dan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) yang disemprotkan. Pada latihan ini, dipraktekan pemadaman api secara langsung di halaman Kantor Dinas Cipta Karya.

Diakui Gunawan, di setiap instansi pemerintah sudah pasti tersedia Apar, tetapi masih banyak pegawai belum memahami cara menggunakannya.

Sementara, untuk pemadaman api menggunakan karung, kata dia, cukup dengan membasahi karung goni dengan air, kemudian karung basah itu ditutupkan ke atas api.
"Meski cukup sederhana, langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak api bisa meledak,” imbuhnya.

Saat ini, tim pemadam kebakaran yang bernaung di Dinas Cipta Karya mempunyai jumlah personil yang terbatas, sehingga pihaknya sudah mulai melatih pegawai instansi dan masyarakat.

“Ketika ada kebakaran, minimal mereka bisa melakukan penanganan pertama," ucapnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -