Tradisi 'Ngobrog' Membangunkan Sahur

SUBANG, KarawangNews.com - Setiap daerah memiliki tradisi dan cara sendiri membangunkan warga untuk santap sahur di bulan Ramadhan. Di Subang, aktivitas obrog jadi tradisi warga setempat membangunkan warga.

Ngobrog atau 'obrog-obrog' adalah kegiatan rutin dilakukan sekelompok remaja membangunkan warga untuk santap sahur di bulan Ramadhan. Cara ini tentu saja salah yang dilakukan warga selain membangunkan sahur melalui pengeras suara di masjid.

Khusus ngobrog, biasanya dilakukan dalam jumlah banyak dan tidak dibatasi. Pesertanya dari usia di bawah 10 tahun hingga belasan tahun. Dengan alat musik seadanya, seperti bedug, oprek atau kayu yang dilubangi dan kecrekan kaleng.

Biasanya mereka mulai bergerak saat pukul 02.00 WIB berkeliling kampung sambil menabuh alat musik tersebut. Mereka keliling kampung sambil berteriak 'sahur' supaya warga yang lelap tidur terbangunkan oleh suara mereka.

Kata Ujang, warga Cigadung, salah satu peserta ngobrog mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap Ramadhan tiba. Kendati tidak ada yang memberi upah, aktivitas yang dilakukan bersama rekan-rekannya itu membuat ia puas, karena bisa membantu warga yang berpuasa.

"Senang saja, karena bisa membangunkan mereka untuk sahur. Kemungkinan mereka tidak sahur kalau kita tidak 'ngobrog'," kata Ujang, Rabu (9/7/2014) dini hari.

Ujang dan kawan-kawan ini setiap pagi dini hari berkeliling membangunkan warga. Ada belasan remaja yang ikut dalam rombongannya ini. Jika yang dewasanya menabuh alat musik, maka yang anak-anak berada di barisan depan sambil teriak 'sahur'.

Selepas Ramadhan, kelompok 'obrog-obrog' ini akan bubar dengan sendirinya dan ketika memasuki Ramadhan tahun berikutnya mereka pun kembali berhimpun dan melaksanakan kegiatan rutinnya ini, ngobrog membangunkan warga agar tidak telat sahur. [tinjau]
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -