KPU Karawang Umumkan Suara Prabowo-Hatta 60%

KARAWANG, KarawangNews.com – Hasil rapat pleno rekapitulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Rabu (16/7/2014) pukul 21.30 WIB, Prabowo-Hatta meraih  708.495 suara atau 60%, sedangkan Jokowi-JK meraih 473.557 suara atau 40%. 

Penghitungan suara ini dilakukan di Aula Rumah Makan Lebak Sari Indah, Jalan Interchange Karawang Barat mulai pukul 14.00 WIB dengan pengawalan ketat sebanyak 250 personel Polres Karawang.

Dari 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang, Prabowo-Hatta menyapu bersih kemenangan di 28 kecamatan, sedangkan sisanya dimenangkan oleh Jokowi-JK, yaitu di Kecamatan Cilamaya Kulon dan Kecamatan Pedes.

Selama proses rekapitulasi penghitungan suara tidak terjadi perdebatan, tapi saksi dari Jokowi-JK sempat mengajukan beberapa koreksi saat beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) keliru menyampaikan daftar jumlah pemilih.

Akibat koreksi tersebut, sidang pleno sempat terhenti beberapa kali, kemudian Ketua KPU Karawang Risza Affiat sempat mengingatkan PPK agar terlebih dahulu menyampaikan koreksi sebelum menyampaikan hasil perolehan suara di PPK masing-masing. Namun, secara keseluruhan proses rekapitulasi tersebut berlangsung aman dan lancar.

Usai rekapitulasi ini, Ketua Saksi Tim Jokowi-JK, Ace Sudiar menyampaikan pandangannya terkait proses pilpres tersebut. Menurutnya, telah terjadi penyalahgunaan kekuasaan yang tersistematis dilakukan bupati dan perangkat pemerintahan lainnya untuk memenangkan  Prabowo-Hatta.

Salah satu indikasinya, dua hari sebelum pencoblosan ada surat edaran yang diterima sejumlah warga melalui aparat ketua RT, yang isinya agar mendukung Prabowo-Hatta. Juga, dugaan ‘money politic’ yang dilakukan tim Prabowo-Hatta di Kecamatan Cilamaya Kulon.

“Untuk itu, kami meminta agar Panwaslu Kabupaten Karawang segera menindaklanjuti permasalahan tersebut agar tidak menjadi preseden buruk di masa yang akan datang,” tegasnya.

Di tempat sama, Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang Nourkinan berjanji akan memproses hal itu. Menurutnya, laporan serupa sudah diproses di tingkat PPK dan kini sedang diproses di tingkat Panwaslu Kabupaten Karawang.

“Hasilnya nanti, saya akan sampaikan ke Tim Jokowi-JK,” janji Nourkinan.

Sementara itu, Ketua Saksi Tim Prabowo-Hatta, Sulaeman mengingatkan, semua pihak agar tetap menjunjung semangat persatuan apa pun hasilnya. Menurutnya, persatuan dan kesatuan bangsa lebih penting dibanding persoalan menang dan kalah. (lat)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -