Ratusan Warga Luar Daerah Ditolak ‘Nyoblos’ di TPS

KARAWANG, KarawangNews.com - Ratusan warga asal luar Karawang ditolak menyalurkan hak pilih di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Karawang, sebab mereka tidak memiliki surat form A5, tentu saja ini membuat mereka jengkel. Di hari ‘pencoblosan’ 9 Juli 2014 siang, mereka dating ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang untuk meminta form A5.

“Saya juga datang ke TPS jam 12 siang, kemudian panitia meminta saya mengurus form A5 di KPU. Sampai di KPU ternyata banyak yang membuat form A5. Akhirnya saya batal mencoblos karena waktunya sudah habis,” kata Wicaksono, warga yang kini berdomisili di Adiarsa Barat.

Ketua Panwaslu Karawang, Nour kinan menyesalkan beberapa pemilih luar daerah yang ditolak di beberapa TPS, ini disebabkan KPU kurang sosialisasi tentang form A5. Sejumlah warga hanya mengetahui bisa memilih dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja, tetapi KPPS malah menolaknya, sehingga warga berbondong-bondong mendatangi KPU.

“Di peraturan, yang boleh menggunakan KTP adalah warga yang tidak terdaftar tetapi beralamat di sekitar TPS . Sedangkan bagi warga dari luar daerah kabupaten atau kecamatan lain, harus menggunakan form A5,” terangnya. (*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -