Agus Supriatman: PPDB Online 2014 di Karawang Mulus

KARAWANG, KarawangNews.com – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Drs. H. Agus Supriatman menyatakan, pelaksanaan PPDB online di Kabupaten Karawang berjalan lancar, aman dan terkendali. Lulusan SD/MI tahun 2013/2014 sebanyak 40.698 siswa, sedangkan daya tampung yang tersedia di SMP/MTs negeri dan swasta sebanyak 45.896 kursi. Artinya, daya tampung yang ada di sekolah SMP/MTs negeri maupun swasta di Karawang sudah melebihi kebutuhan.

Setelah PPDB online berlangsung kemarin, kata Agus, SMP/MTs negeri sudah menampung sebanyak 27.386 siswa atau 67,29%. Sedangkan sisanya diharapkan dapat tertampung di SMP/MTs swasta sebanyak 712 siswa atau 32,71%. Sehingga, kelebihan daya tampung siswa untuk SMP/MTs sebanyak 5.190 kursi.

Sedangkan untuk lulusan SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 33.983 siswa dan daya tampung yang tersedia di SMA/MA/SMK negeri maupun swasta di Karawang sebanyak 38.320 kursi. Ia berkesimpulan, daya tampung di SMA/SMK negeri maupun swasta di Karawang sudah melebihi kebutuhan.

“Tetapi setelah PPDB berlangsung kemarin, Alhamdulillah sudah tertampung di SMA/MA/SMK negeri sebanyak 14.392 siswa atau 42,35%, sedangkan sisanya diharapkan bisa tertampung di SMA/MA/SMK swasta sebanyak 13.961 siswa atau 57,65%. Maka masih ada kelebihan daya tampung di swasta sebanyak 4.337 kursi,” kata Agus.

Namun begitu, pada pelaksanaan PPDB online kemarin ada beberapa kendala yang dihadapi, tetapi relatif sudah dapat diatasi. Di hari pertama pelaksanaan PPDB online, pihak sekolah dihadapkan pada kendala sistem yang berjalan lambat, karena pada hari itu banyak yang menggunakan secara bersamaan membuka website www.ppdbkarawang2014.net.

“Sehingga pada hari itu juga dilakukan upaya pemisahan sistem untuk SMP/MTs dipisahkan dengan SMA/SMK/MA dan adanya penambahan kapasitas, sehingga pada hari berikutnya sampai akhir, sistem bisa berjalan cepat, lancar dan tanpa terkendala,” ucapnya.

Kemudian, terkait masalah di SMA 4 Karawang, telah terjadi salah persepsi. Operator sekolah  tidak begitu mengetahui prosedur dalam mengumumkan hasil PPDB online, karena telah mengumumkan berdasaran ‘print out’ lebih awal tanpa konfirmasi dengan admin kabupaten.

Ini menimbulkan masalah fatal, sehingga ada orang tua siswa yang tidak puas, karena anaknya yang dinyatakan lulus di SMAN 4 Karawang, sedangan di-print out tidak lulus. Akhirnya, sejumlah siswa itu tetap bisa masuk ke sekolah tersebut.

“Selama PPDB online berjalan, Alhamdulillah, tidak ada ‘hecker’, sehingga PPDB online di Kabupaten Karawang aman,” kata Agus. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -