Polres Karawang Terbangkan Helicam Pantau Arus Mudik

KARAWANG, KarawangNews.com – Satlantas Polres Karawang menyiapkan helicam untuik memantau kepadatan arus lalulintas lebaran tahun 2014. Uji coba helicam ini dilakukan di halaman Polres Karawang, Rabu (16/7/2014).

Dijelaskan operator helicam, Birgadir Brata Buana Putra, pesawat remote control ini akan digunakan untuk memantau situasi arus lalulintas di titik rawan macet, diantaranya di Simpang Jomin termasuk gerbang tol Cikampek-Purwakarta.

Helicam ini dilengkapi dengan layar monitor yang langsung menggambarkan situasi arus lalulintas, sehingga polisi bisa saling berkoordinasi dengan cepat untuk melakukan tindakan. Kemampuan jarak tempuh helicam ini bisa memantau jarak lalulintas sejauh 1 kilo meter dengan kekuatan batre selama 20 menit.

Dengan alat baru ini, Polres Karawang bisa lebih mudah melakukan rekayasa arus lalulintas saat terjadi kemacetan, setelah diketahui berdasrkan data yang berhasil direkam melalui helicam.

“Titik-titik krodit kemacetan bisa langsung terpantau, sehingga kami bisa langsung menuju titik sumber kemacetan dan akan langsung diurai,” kata Brigadir Brata Buana Putra.

Namun begitu, operator helicam ini harus banyak belajar mengoperasikannya, operator harus bisa mengukur jarak serta kemampuan batre, jika lalai maka helicam ini bisa hilang kendali yang justru akan merugikan petugas. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -