Merasa Diperhatikan, TKSK dan IPSM Datangi Deden Darmansah

KARAWANG, KarawangNews.com - Sejumlah pengurus Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Karawang mendatangi kediaman Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Deden Darmansah, Rabu (23/7/2014) sore, mereka yang datang mendadak tanpa undangan ini hanya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Deden yang dianggap sudah memperhatikan TKSK dan IPSM di Kabupaten Karawang.

Para anggota TKSK dan IPSM ini merasa sangat dihargai dengan perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah memberi mereka sepeda motor sebagai kendaraan operasional. Sepeda motor yang mereka terima Selasa (15/7/2014) lalu di halaman kantor bupati ini diberikan langsung Bupati Karawang H. Ade Swara yang didampingi Deden Darmansah.

“Kami tahu ini adalah perjuangan Deden Darmansah, makanya kami datang ke sini untuk menyampaikan terima kasih kami, karena kini kami telah memiliki kendaraan operasional. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata seorang pengurus TKSK dan IPSM, Rosmawati.

Diakuinya, bantuan kendaraan operasional ini sangat bermanfaat untuk menjangkau seluruh masyarakat, karena selama ini mereka sangat mengharapkan bisa mendapat bantuan berupa sepeda motor. Mereka ketahui, selama ini Deden Darmansah sering menyampaikan akan berjuang untuk member fasilitas TKSK dan IPSM di Kabupaten Karawang.

Bantuan kendaraan sepeda motor ini bersumber dari APBD Provinsi tahun 2014, diperuntukan bagi TKSK dan PSM se-Kab Karawang, bantuan ini untuk menunjang kinerja kegiatan sosial dan bencana alam. Kendaraan yang dibagikan sebanyak 339 unit. Diantaranya sebanyak 30 untuk kecamatan dan 309 untuk desa se-kabupaten, masing-masing mendapatkan sebuah motor ini.

“Sebenarnya yang membuat kami bahagia bukan karena bantuan berupa motornya, tapi karena perhatian dan penghargaan atas keberadaan kami,” kata Rosmawati dengan mata berkaca-kaca.

Perempuan yang pernah menjalani profesi sebagai perawat ini menuturkan, profesi TKSK maupun PSM merupakan panggilan jiwa, karena jika dilihat dari materi profesi ini bukan untuk memperkaya diri, melainkan sosial. “Jadi sebenarnya profesi ini berangkat dari sini dan jiwa sosial yang ada pada diri saya dan yang ada pada diri anggota lain, itu didasari dari hati kami yang memang benar-benar peduli sosial,” kata dia, sambil menunjuk dadanya.

Sementara itu, Wakil Ketua IPSM Kabupaten Karawang, Engki Rahman mengatakan, tidak sedikit dia telah membantu orang sakit di rumah sakit, bahkan ada yang menyebutnya seorang calo, padahal dia membantu pasien karena panggilan jiwa.

“Jadi banyak keluh kesah, hambatan, tantangan dan rintangan yang dihadapi kami, tapi itu tidak menjadi kendala untuk bisa menolong sesama, dengan bermodalkan JPKMM (Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin) dan sekarang BPJS Kesehatan, kami bisa membantu orang yang tidak mampu,” bebernya.

Dengan adanya bantuan kendaraan operasional tersebut, dia sangat bersyukur, karena sering dia seriang mengalami hambatan ketika harus mengurus orang sakit,  terkendala kendaraan yang belum dia miliki. “Kami sering terhambat karena tidak punya kendaraan, terlebih saat harus segera memenuhi berkas-berkas persyaratan, tapi sekarang alhamdulillah bisa lebih mudah,” aku Engki.

Masih ditempat yang sama, Humas IPSM Kabupaten Karawang, Endang, menyampaikan sepanjang menjalankan profesi sosial tersebut sejak tahun 90-an, dia baru menemukan ada anggota dewan yang peduli kepada PSM dan TKSK. “Hanya Haji Deden yang peduli dengan kami, bahkan berkat perjuangannya ini kami mendapatkan anggaran untuk sepeda motor dari APDB provinsi. Kalau anggota dewan lain sepertinya tidak pernah melirik kami,” akunya.

Sementara itu, Deden Darmansah mengaku, kepeduliannya terhadap TKSK dan PSM karena merasakan perjuangan yang sama. Dulu, sebelum jadi anggota dewan dia adalah pekerja sosial, makanya faham dan dia juga sering disebut calo pasien, lantaran sering mengantar orang sakit ke rumah sakit.

Pada beberapa waktu lalu, sebanyak 30 Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) dan 309 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa yang ada di Kabupaten Karawang tengah berbahagia, karena mendapat perhatian penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Anggota DPRD H. Deden Darmansyah yang mengawal, kebahagian mereka karena mendapat kan bantuan kendaraan operasional 1 Unit Motor.

“Pengabdian para PSM di masyarakat sangat bermanfaat, mereka memang pantas mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jabar. Semoga apa yang dilakukan oleh para PSM ini semua mendapat balasan dari Allah SWT,” ungkap Deden.

Sekarang, sambung Deden, pengabdian mereka yang selama ini dilakukan telah mendapat perhatian dari Pemprov Jabar dengan diberikan bantuan 1 unit motor kepada mereka. Selama ini DPRD Provinsi Jawa Barat sangat peduli kepada TKSK dan IPSM dengan eksisitensinya yang tak kenal lelah dalam mengabdikan diri untuk masyarakat di bidang sosial. (gsg)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -