KONI Karawang Seleksi Altet Untuk Porda Jabar

KARAWANG, KarawangNews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karawang terus melakukan seleksi atlet yang akan dikirim ke Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat di Bekasi, November 2014 mendatang. Melalui seleksi itu, bisa diketahui perkembangan para atlet, termasuk melakukan kategorisasi atlet unggulan dan potensial.

Ketua KONI Karawang, Aries Suparno mengatakan, para atlet yang bertanding dalam Porda Jawa Barat nanti sudah melakukan pemusatan latihan kabupaten (Pelatkab) tahap awal. Pada Pelatkab tahap awal tersebut dibagi ke dalam empat kategori, yaitu unggulan, potensi, peluang dan bayangan. Untuk kategori unggulan sebanyak 27 atlet. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan tes kesehatan dan fisik.

Selanjutnya akan dilakukan tes tahap kedua yang juga difokuskan dalam tes fisik dan kesehatan. Tes tahap kedua itu rencananya akan digelar pada pada Juli hingga Agustus 2014.  Dari hasil tes itu nantinya diperkirakan hanya ada sekitar 50-200 atlet yang akan dibawa pada Porda Jabar di Bekasi.

“Kegiatan lainnya yang akan dilakukan menjelang semakin dekatnya Porda Jabar ialah Pelatkab tahap kedua. Nantinya akan dirumuskan cabang olahraga apa saja yang akan dikirim," kata Aries, Sabtu (12/7/2014).

Saat ini terdapat sejumlah cabang olahraga yang berpotensi meraih medali emas pada Porda Jabar 2014, yakni cabang olahraga judo, anggar, sepatu roda, karate, atletik, dayung, gulat, panjat tebing dan tarung derajat.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bekasi, Romli, memastikan seluruh venue pertandingan Pekan Olahraga Daerah XII Tingkat Jawa Barat telah memenuhi standar kejuaraan.

"Totalnya ada 43 cabang olahraga yang akan dipertandingkan nantinya. Seluruh venue sudah kita siapkan sesuai standar pertandingan," katanya.

Venue yang dipusatkan berada di kompleks Pemerintahan Kabupaten Bekasi (Pemkab), Cikarang Pusat, diklaim telah siap mempertandingkan dan menjamu ratusan kontingen dari seluruh daerah di Jawa Barat.

"Saat ini hanya ada empat cabang olahraga yang akan dipertandingkan di luar wilayah Kabupaten Bekasi, di antaranya cabang berkuda, paralayang, gantole, balap motor, dan dayung," katanya.

Menurutnya, venue yang memenuhi standar pertandingan di Kabupaten Bekasi untuk cabang olah raga tersebut belum dimiliki pihaknya. Masing-masing venue tersebut berada di wilayah Subang, Karawang, Bogor dan Bandung.

Kata Romli, persiapan secara umum Porda yang sedianya digelar November 2014 mendatang hampir mencapai tahap 100 persen rampung. Kesiapan Kabupaten Bekasi sabagai tuan rumah di ajang Porda kali ini hampir mencapai 100 persen, tapi masih ada sedikit ganjalan.

“Ganjalan yang dimaksud berupa proses pembangunan Stadion Utama yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Desa Serta Jaya, Kecamatan Cikarang Timur yang belum siap 100 persen,” ujarnya.

Sedangkan untuk pembangunan stadion utama diprediksi hanya mencapai 75 persen hingga perhelatan Porda berlangsung. Namun begitu, Romli menegaskan pihaknya sudah mendapat jaminan dari kontraktor, bangunan itu bisa dipakai untuk pembukaan dan penutupan maupun digunakan bagi cabang olahraga atletik. (SK/Spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -