Di Karawang Selatan Marak Pertambangan Ilegal

KARAWANG, KarawangNews.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil sumber daya alam, yaitu sumber daya alam darat, laut maupun udara. Keberadaan sumber daya yang melimpah kurang termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia, pemanfaatan sumber daya yang tidak tepat akan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, definisi perusakan lingkungan hidup adalah tindakan yang menimbulkan perubahan langsung atau tidak langsung terhadap sifat fisik dan atau hayatinya yang mengakibatkan lingkungan hidup tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan berkelanjutan.

Salah satu bentuk perusakan lingkungan adalah aktivitas penambangan batu kapur illegal di Karawang Selatan. Maraknya, penambangan batu kapur ilegal ini tentunya selain menimbulkan kerusakan lingkungan. Akan merugikan pemerintah, sebab  tidak adanya pemasukan pajak kepada  kas daerah.

"Tentu ini merupakan pekerjaan pemerintah untuk segera menertibkan tambang-tambang ilegal tersebut atau bahkan meninjau ulang terhadap izin pertambangan jika itu berpotensi merusak lingkungan dan merugikan," kata aktivis Serikat Petani Karawang (Sepetak), Mustofa Bisry, Selasa (1/7/2014) siang.

Ia juga menyerukan agar jangan pernah dekat, apalagi berkawan dengan orang-orang zalim terhadap rakyat, karena tidak akan menemukan kebenaran dan takkan merasakan keadilan. (hil)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -