Candra: Ade Swara Belum Tentu Salah

Candra Hayatul Iman.
KARAWANG, KarawangNews.com - Tertangkapnya Bupati Karawang Ade Swara bersama istrinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pekan lalu mengenai dugaan kasus pemerasan terhadap PT Tatar Kertabumi, mesti disikapi asas praduga tak bersalah, sebelum ada keputusan tetap dari pengadilan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Dekan Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang, Dr. Candra Hayatul Iman, Selasa (22/7/2014).

Menurut Candra, berdasarkan undang-undang setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan, dituntut dan atau dihadapkan di muka sidang pengadilan, wajib dianggap tidak bersalah sampai adanya putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap, sehingga dia berharap kepada masyarakat Karawang agar bisa menahan diri dari sikap vonis dini bersalah kepada Bupati Karawang.

“Biarkan dulu proses hukum berjalan sampai ada keputusan tetap dari pengadilan. Ade Swara belum tentu salah,” katanya.

Candra pun menilai, dari kacamata hukum apa yang dilakukan oleh KPK merupakan suatu hal yang biasa, karena ketika KPK akan menangkap Ade Swara pasti sudah memiliki data dan info akurat terkait yang dilakukan Ade Swara.

Kata dia, KPK dapat menjangkau apa yang tidak bisa dijangkau oleh masyarakat biasa, karena KPK diisi oleh orang-orang yang memiliki komptensi yang sudah teruji dan kredible di bidangnya. Bagi masyarakat biasa tertangkapnya Ade Swara mungkin sangat mengejutkan dan tidak pantas, karena selama ini Ade Swara dikenal sebagai sosok yang santun dan ‘low profil’.

“Dari proses pembuktian itulah nantinya yang membuktikan Ade Swara pantas atau tidak sebagai terdakwa korupsi,” ujarnya.

Namun, kata dia, bukan berarti Ade Swara pantas jadi tersangka, tapi melalui proses hukumlah yang mengatakan Ade Swara pantas menjadi tersangka. Ditegaskan Candra, tanpa ada pembuktian, maka siapapun tidak boleh menilai seorang itu pantas atau tidak pantas menjadi tersangka, hanya dari perilakunya.

“Dengan adanya saksi dan bukti yang kuat, maka seseorang bisa saja langsung ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka,” terangnya. (SK)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -