PPDB Online Disetujui DPRD

KARAWANG, KarawangNews.com – DPRD Karawang mendukung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk tahun ajaran 2014-2015. Seperti disampaikan Ketua Komisi D DPRD Karawang, Nanda Suhanda di hadapan intansi pendidikan Karawang pada audiensi PPDB Online di ruang rapat 1 DPRD Karawang, Selasa (3/6/2014) siang.

Kata Nanda, pihak DPRD menyatakan instansi pendidikan di Karawang ini harus menerima juga pihak-pihak yang bakal tidak menyetujui PPDB Online ini, karena legislatif hanya memberikan masukan sedangkan keputusannya ada pada eksekutif, yakni bupati Karawang.

Pernyataan Nanda yang memimpin rapat tersebut disambut baik organisasi pendidikan yang hadir, yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Dewan Pendidikan dan forum komite sekolah. Diketahui, pada rapat paripurna DPRD beberapa waktu lalu, DPRD merekomendasikan PPDB Online ditangguhkan, tetapi pada akhirnya mendukung dan menyetujui. 

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang Drs. H. Agus Supriatman, PPDB Online ini mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor.17 Tahun 2010 tentang pengeloaan dan penyelenggaraan pendidikan, khususnya pasal 74 (ayat 1 dan 2) dan pasal 82 (ayat 1 dan 2), penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang objektif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminasi.

Juga mengacu kepada Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama Nomor.04/VI/PB/2011, Nomor.MA/111/2011 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, penerimaan siswa dengan mempertimbangkan aspek jarak tempat tinggal, usia calon peserta didik baru, bakat olah raga, bakat seni, prestasi di bidang akademik,

“Jadi, penerimaan siswa baru harus transparan dengan cara yang diserahkan kepada setiap daerah, diantaranya bisa di-testing, manual dan dengan cara online,” jelasnya.

Berhubung di Karawang sudah melakukan PPDB Online tahun lalu, maka tahun ini diharap bisa melakukan online lagi sesuai mekanisme yang berlaku. Dinas pendidikan sebagai pelaksana pemerintah tentu saja akan melaksanakan kegiatan ini dan merespon lembaga pendidikan juga menyuarakan agar tidak melakukan kebohongan public.

“Dinas Pendidikan tidak akan bisa melakukan ini (PPDB Online, red) jika tidak ada persetujuan DPRD,” kata Agus.

Pada prinsipnya, sambung Agus, DPRD mendukung rencana PPDB Online yang secara teknis ini dikelola Dinas Pendidikan yang pada akhirnya ini akan menjadi produk pemerintah. Maka, PPDB Online ini adalah tanggungjawab legislatif dan eksekutif, sehingga dengan demikian PPDB yang akan datang perlu ada surat dukungan yang ditangdangani unsur Muspida seperti tahun lalu.

“Harapannya tahun ini tidak lagi di intervensi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, PPDB Online ini harus didukung pemerintah dan DPRD bukan saling menyalahkan,” akunya.

Kata dia, PPDB Online dibagi dalam beberapa seleksi, diantaranya 5 persen bagi lulusan luar kabupaten yang akan melanjutkan sekolah di Karawang. Dinas Pendidikan mempertahankan seleksi tersebut, karena ini adalah pendidiakn nasional bukan pendidikan Karawang, sehingga jika ada perubahan hanya bisa dikurangi dari 5 persen menjadi 3 persen sesuai permintaan DPRD.

Kemudian seleksi rayonisasi, atas pertimbangan Dinas Pendidikan memikirkan masyarakat yang tidak mampu, yang memiiki Jamkesmas, Program Keluarga Harapan (PKH) kemudian siswa miskin berprestasi yang masuk jalur Keluarga Tidak Mampu (KTM), seleksi ini dibuka kuotanya sebesar 20 persen.

Lalu, Pemerintah Daerah Karawang juga mempertimbangkan yang mampu secara ekonomi tetapi tidak punya prestasi, maka yang bersangkutan diakomonir semua rayon dengan kompsisi 20 persen, kemudian seleksi yang berprestasi akademis dan non akademis yang semula 15 persen direkomendasi DPRD menjadi 10 persen.

Sedangkan jalur terakhir yaitu jalur akademi yang hanya mengandalkan hasil UjianNasional (UN) ini pesentasinya yang semula 40 persen bertambah menjadi 47 persen, 7 persen itu hasil penambahan dari pengurangan seleksi luar kabupaten juga seleksi siswa berprestasi akademis dan non akademis. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -