Polisi Harusnya Bikin Nyaman Bukan Mencekam



Oleh: Mahar Kurnia
Yayasan Putra Karawang

 Kamis (27/6/2014)


Proses eksekusi tanah sengketa tanah seluas 350 hektar di daerah Telukjambe Barat mengundang banyak reaksi masyarakat Karawang. Saya sangat menyayangkan kejadian eksekusi lahan itu yang menyebabkan Karawang rugi besar, moral maupun material.

Jumlah warga yang tereksekusi hanya 200-300 orang, tetapi mereka dihadapkan dengan Polisi Brimob dengan jumlah mencapai ribuan. Polisi melihat sendiri masyarakat tereksekusi orang-orang kampung yang terdiri ibu-ibu, orang tua dan anak-anak. Padahal saat itu polisi tak perlu melakukan tindakan prefentif, melainkan bisa diajak dengan diskusi dan langkah-langkah persuasif. Bukan berarti polisi harus menembakan senjatanya dan water canon kepada warga yang menolak eksekusi itu, karena sebetulnya warga tidak membahayakan bagi siapa pun, apalagi membahayakan polisi yang bersenjata lengkap.

Ini jelas ada birahi yang luar biasa dalam proses eksekusi tersebut, bahkan kehadiran bupati dengan rekomendasinya itu tidak apa-apa, artinya proses ini sudah sangat dipaksakan, tanpa memandang aspek- aspek sosial dan kesantunan pihak eksekutor yaitu Pengadilan Negeri Karawang dan polisi sebagai tamengnya.

Hadirnya ribuan Brimob di Karawang di hari sebelum eksekusi mengundang tanda tanya besar, padahal saya tidak melihat tidak ada konsentrasi massa di tanah sengketa ini,mereka hanya orang kampung yang mayoritas petani.

Untuk itu saya menghimbau kepada pemerintah daerah untuk segera menangani kebutuhan-kebutuhan warga yang telah dieksekusi itu. Juga kepada Kapolda Jawa Barat, menurut saya aparat Brimob dengan jumlah besar ini sangat berlebihan, mereka harus segera ditarik dari Kota Karawang agar tidak menimbulkan keresahan dan mosi tidak percaya pada H. Ade swara sebagai Bupati Karawang. Harusnya, kepolisian memberikan rasa nyaman dan aman, bukan ketegangan dengan jumlah personil yang banyak, sehingga menciptakan situasi Karawang yang mencekam. (*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -