Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Diresmikan

KARAWANG, KarawangNews.com - Kabupaten Karawang kini telah mempunyai Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan  (Paten) yang ada di setiap kantor camat se-Kabupaten Karawang,  peresmiannya telah dilaksanakan dengan ceremony pengguntingan pita  di Kantor Camat Karawang Timur oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara, Selasa (27/5/2014) lalu.

Kata bupati, seiring dengan semangat otonomi daerah, paradigma pemerintah harus terus berubah ke arah yang lebih baik dengan menanamkan kepribadian, menjadi penyelenggara aparatur pemerintah saat ini tidak bertindak sebagai penguasa yang minta dilayani melainkan menjadi aparatur yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

“Sehingga diharapkan peningkatan etos kerja dan cara berpikir sebagai inti dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan pelayanan publik harus menjadi semangat bagi aparatur hingga ke pelosok daerah,” ungkapnya.

Dia menegaskan, peran kecamatan untuk mewujudkan dan percepatan peningkatan pelayanan publik di daerah, posisi kecamatan menjadi sangat penting mengingat banyak pihak berharap dengan kecamatan mampu menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat, dalam rangka merespon dinamika perkembangan pemerintahan daerah, serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Maka perlu sama-sama perhatikan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

“Fisik kantor pemerintah sangat penting untuk kenyamanan pegawai, tetapi yang lebih penting eksistensi, kepedulian serta upaya peningkatan pelayanan pegawai bagi masyarakat. Untuk itu, camat hendaknya lebih bijak dalam melaksanakan pembinaan bagi stafnya, sehingga menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata bupati.

Sementara itu menurut laporan Ketua Tim Teknis Paten, Sekda Kabupaten Karawang H.Tedi Rusfendy S, saat ditemui Minggu (1/6/2014), tahapan pelaksanaan Paten di Kabupaten Karawang ini yaitu diawali dengan melaksanakan lokakarya dan pelatihan Paten bagi sekretaris kecamatan dan kepala seksi di kecamatan yang berjumlah sebanyak 60 orang.

Lokakarya dan pelatihan tersebut difasilitasi oleh Direktorat Jendral Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri pada Tahun 2013,  dngan melaksanakan study banding ke daerah-daerah yang telah menerapkan Paten, yaitu Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Muara Enim dan Kota Yogyakarta. Daerah-daerah yang dijadikan lokasi study banding tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Ditjen PUM Kemendagri.

Study banding tersebut dilaksanakan oleh seluruh camat dan sekcam yang dibagi menjadi empat kelompok pada tahun 2013, serta melaksanakan diklat Paten oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Karawang yang diikuti oleh 60 Orang petugas pengelola Paten yang terdiri dari 2 Orang di setiap kecamatan, kegiatan itu dilaksanakan pada Februari 2014 lalu.

“Pelaksanaan diklat ini ditindak lanjuti dengan kegiatan magang di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang berkaitan dengan penerbitan Kartu Pencari Kerja atau kartu kuning dan BPMPT terkait dengan Pelayanan Perizinan,” kata Tedi.

Kata dia, pelayanan yang dapat dilayani oleh Paten yaitu pelayanan perizinan berjumlah 1 jenis dan pelayanan non perizinan berjumlah 15 jenis, pelaksanaan Paten ini berdasar pada Keputusan Bupati Karawang Nomor 067/382-HUK/2014 tentang penetapan Kecamatan Penyelenggara Paten. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -