KPU Karawang Belum Terima Data Tim Kampanye Pilpres

KARAWANG, KarawangNews.com – Hingga Kamis (12/6/2014) siang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang belum menerima laporan resmi tim kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) RI. Dikatakan Ketua KPU Karawang, Risza Affiat, data itu sangat dibutuhkan sebagai Laporan Dana Kampanye (LDK), juga untuk menentukan jadwal kampanye Pilpres RI di Kabupaten Karawang.

“Jadi, saya belum mengetahui siapa juru kampanye (kedua pasangan Capres dan Cawapres RI, red) di Karawang, kalau sudah ada laporan resmi dari kedua tim kampanye maka kita tinggal melaksanakan deklarasi damai,” jelasnya, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis siang.

Dari laporan sementara, sambungnya, tim Jokowi-JK ‘base camp’-nya di Sekretariat PDI Perjuangan, sedangkan tim pemenangan Prabowo-Hatta belum diketahui KPU. Diakuinya, dari laporan kedua tim itu KPU ingin mengetahui siapa yang bakal jadi juru kampanye, karena tim kampanye dengan juru kampanye memiliki perbedaan.

“Semisal kalau bupati jadi juru kampanye, harus diketahui KPU dan dia harus cuti,” akunya.

Di tempat sama, Ketua Divisi Hukum dan Sosialisasi KPU, Asep Saepudin Muksin menjelaskan, LDK pada Pilpres RI ini tidak beda dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2014 lalu, semua cakupan dan format dari tim kampanye harus terpenuhi, sehingga akan diketahui kepatuhan dalam dana kampanye.

“Jika tidak memenuhi aturan itu, akan ada sanksi dari KPU pusat, karena sanksi tersebut bukan lagi masuk di ranah KPU kabupaten,” jelasnya.

Sementara itu, pada Pilpres 2014 ini, KPU Karawang masih menunggu logistik untuk 3.020 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar ke 30 kecamatan se-kabupaten, jumlah tersebut lebih ramping dibanding jumlah TPS pada Pileg April 2014 lalu sebanyak 4.180 lokasi di 30 kecamatan.

Pada Pilpres ini, setiap TPS disimpan dua kotak suara untuk 600 hingga 800 surat suara, juga dua bilik suara. Pengurangan jumlah TPS ini juga disesuaikan dengan peta wilayah. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 di Kabupaten Karawang sebanyak 1.692.003 orang. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -