Debat Capres Tak Bahas Soal TKW

Robi Barmaqi.
KARAWANG, KarawangNews.com – Hingga debat terakhir, kandidat calon presiden dan calon wakil presiden RI yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK tidak menyentuh persoalan tenaga kerja sektor migran, terutama Tenaga Kerja Wanita (TKW), karena selama ini banyak persoalan TKW yang tidak disentuh pemerintah pusat.

“Kedua capres dan cawapres itu sedikit pun tidak peduli terhadap permasalahan tenaga kerja sektor migran, puluhan ribu Warna Negara Indonesia (WNI) terutama TKW di Saudi Arabia kini menjadi gelandangan, padahal kontribusi mereka jelas terhadap negara,” kata Ketua Presidium Jaring Warga Karawang (Jawara) Robi Barmaqi.

Diakuinya, para TKW ini adalah anak-anak petani yang berusaha menjawab persoalan orang tuanya, saudaranya, termasuk persoalan suaminya yang nganggur tak pernah mendapat pekerjaan. Tak sedikit juga TKW yang jadi ‘babu’ di luar negeri supaya bisa mengembalikan sawah yang digadaikan keluarganya, ada juga yang terlilit tunggakan hutang.

“Ketika pemerintah bicara soal kesejahteraan petani, persoalan itu sudah terlebih dahulu dijawab anak-anak petani dengan menjadi TKW. Jadi, kebuntuan itu seolah hanya bisa dijawab dengan menjadi TKW,” kata Robi.

Sehingga, sasaran pemerintah untuk kesejahteraan petani di pedesaan hingga kini tak pernah tepat. Apakah kesejahteraan itu hanya sampai kepada pengusaha tani, bukan kepada petaninya. Namun kenyataannya, persoalan para petani memang tak pernah ada solusi kecuali anak-anaknya menjawab persoalan mereka menjadi TKW.

Sebenarnya, sambung Robi, ini bukan persoalan kecil, tetapi persoalan besar yang harus dijawab pemerintah, terutama para kandidat calon presiden RI, Prabowo atau Jokowi nanti. Jadi, pemerintah kedepan harus sadar, agar tidak membiarkan TKW jadi gelandangan di Saudi Arabia.

“Namun, begitu kami yang sadar demokrasi tetap harus memilih kedua kandidat itu. Kami berharap Prabowo-Hatta bisa menjawab persoalan TKW,” ungkapnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -