'May Day' di Karawang, Tidak Semua Buruh Libur

KARAWANG, KarawangNews.com – Di hari buruh Internasional 1 Mei 2014 ini tidak semua perusahaan meliburkan perusahaannya, padahal pemerintah telah menetapkan 1 Mei merupakan hari libur nasional. Sehingga sebagian buruh di wilayah kawasan industri Karawang tetap bekerja, bahkan untuk mengantisipasi ‘sweeping’ buruh lain, gerbang masuk kawasan industri ditutup dengan kawat berduri serta barier beton. Seperti di kawasan industri Pupuk Kujang di wilayah Cikampek.

“Kami tetap mendukung penuh hari buruh Internasional, setelah tahun kemarin Presiden RI mentetapkan ‘may day’ sebagai hari libur nasional, tetapi karena sejumlah faktor, sebagian buruh di kawasan industri Pupuk Kujang ini tidak meliburkan buruhnya,” kata pihak manajemen Kawasan Industri Pupuk Kujang, Abas Sambas yang ditemui Kamis (1/5/2014) pagi.

Namun begitu, sebagai bentuk dukungan peringatan hari buruh ini, pihak menjemen hanya memasang sejumlah bendera dan spanduk-spanduk ucapan selamat  hari buruh, spanduk itu ditempatkan di beberapa titik termasuk di depan gerbang kawasan, sembari membangun tenda dan memarkirkan sejumlah motor di depan barisan kawat berduri.

Pemasangan kawat berduri serta pemasangan barier di sepanjang pintu masuk kawasan ini bertujuan agar buruh yang sedang bekerja di dalam pabrik-pabrik tidak menjadi sasaran buruh yang akan ‘sweeping’ mereka, sehingga tidak mengganggu aktivitas produksi di dalam pabrik. Pasalnya, kemungkinan menjadi sasaran ‘sweeping’ cukup besar, karena letak kawasan industri ini cukup dekat dengan kawasan industri terbesar di wilayah Cikampek yaitu kawasan Indotaisei yang meliburkan seluruh buruhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari polisi, jumlah buruh se-Kabupaten Karawang yang turun ke jalan merayakan ‘may day’ sekitar 149 ribu orang yang tergabung dalam sepuluh serikat buruh aktif dan sepuluh serikat itu merayakan ‘may day’ dengan cara masing-masing, ada yang ‘long march’, kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, hiburan panggung meriah, juga ada yang hanya konvoi mengelilingi Kota Karawang. (aw)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -